Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 10:23 WIB | Selasa, 15 November 2016

Anies dan Sandiaga Jelaskan Langkah Penting Mulai Berwirausaha

Ilustrasi. Pasangan calon Gubernur Anies Baswedan dan calon Wakil Gubernur Sandiaga Uno menunjukan nomor urut tiga setelah mengambil nomor undian untuk maju dalam Pilkada 2017 mendatang. (Foto: Dok.satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM –  Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dengan nomor urut tiga, Anies Baswedan – Sandiaga Uno mengatakan ada beberapa langkah penting dalam memulai kegiatan wirausaha.

Dalam akun twitter resmi pasangan calon pemimpin kepala daerah tersebut (@JktMajuBersama), hari Minggu (13/11) terdapat sebuah cuitan dengan tanda pagar (#salambersama #maju #aniessandi) yang berjudul ‘Tips Memulai Wirausaha’ #JakartaMajuBersama.

Anies dan Sandiaga menjelaskan langkah pertama dalam memulai wirausaha yakni seseorang harus memiliki ide usaha. “Langkah pertama memulai usaha dalah pertanyaan mau usaha apa ? tentukan usaha di bidang apa, lalu pelajari usaha lain sejenis. Kalau ide ini sangat unik dan belum ada contohnya, kembangkan sendiri teknikmu,” demikian keterangan tentang ide usaha yang menjadi poin pertama dalam  tips berwirausaha dari Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Tips kedua yang diberikan Anies dan Sandiaga adalah pola pikir, karena sebagai seorag pengusaha melihat kendala sebagai peluang. “Bukan malah mundur. Pola pikir perlu dibangun. Jika sudah terbangun, ide-ide kreatif berdatangan dan tidak mudah menyerah.”

Tips berikutnya yakni “jangan takut”, Anies dan Sandiaga menginginkan agar mereka yang memulai wirausaha jangan diliputi rasa takut, karena dalam pengertian mereka rasa takut gagal sebelum memulai bisnis adalah hal yang wajar. “Apalagi jika kamu seorang pemula. Tetapi jangan biarkan rasa takut membuat rencana bisnismu menjadi bubar.”

Anies dan Sandiaga mengatakan dalam memulai bisnis harus memulai menghitung biaya dasar.

Anies dan Sandiaga mengatakan setelah melakukan keempat hal tersebut, maka seorang yang hendak memulai wirausaha sebaiknya segera mulai berwirausaha karena, menurut mereka, semakin cepat seseorang memulai bisnis, maka akan semakin baik.  

Sebelumnya, Anies dan Sandi dalam salah satu prioritas di bidang ekonomi untuk memperbaiki kesejahteraan penduduk DKI Jakarta yakni dengan berniat membuka 200.000 lapangan kerja baru, selain itu mereka berniat membangun dan mengaktifkan 44 pos pengembangan kewirausahaan warga untuk menghasilkan 200.000 pewirausaha baru selama lima tahun.  

Selain itu, Anies dan Sandiaga berniat memberi dukungan modal, akses ke pasar, dan menjadi mentor bagi pewirausaha yang diwujudkan dengan revitalisasi kantor kelurahan, kecamatan, wali kota, sebagai tempat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Anies-Sandi akan memberi dukungan modal awal untuk distribusi hasil produk dan jasa, dan pembekalan kapasitas bagi pewirausaha. 

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home