Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:29 WIB | Rabu, 21 Februari 2024

Apa Yang Terjadi Setelah Rusia Kehilangan Bintang Oposisi, Alexei Navalny

Pemimpin oposisi Rusa, Alexei Navalny (tengah) menyampaikan kepada pendukung dan wartawan setelah datang dari Kirov di Stasiun Kereta Api Moskow, Sabtu (20/7/2013). Dia dikenal sebagai oposisi yang paling gigih berjuang untuk Demokrasi Rusia. (Foto: dok. Dmitry Lovetsky)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Alexei Navalny empat tahun lalu ditanyai apa yang akan dia katakan kepada orang Rusia jika dia dibunuh karena menantang Presiden Vladimir Putin.

“Anda tidak boleh menyerah,” katanya kepada pembuat film dokumenter. “Jika mereka memutuskan untuk membunuh saya, itu berarti kami sangat kuat dan kami perlu menggunakan kekuatan ini.”

Badan penjara Rusia mengumumkan pada hari Jumat (16/2) bahwa Navalny telah meninggal di koloni hukuman Arktik di mana dia menjalani hukuman 19 tahun atas tuduhan ekstremisme. Kematiannya memicu tuduhan di seluruh dunia bahwa dia telah dibunuh.

Apa Yang Dilakukan Oposisi Rusia Sekarang?

Kritikus politik Kremlin, mata-mata pengkhianat, dan jurnalis investigasi telah dibunuh atau diserang dengan berbagai cara. Oposisi Rusia telah kehilangan bintangnya yang paling cemerlang dengan kematian mendadak Navalny di penjara. Sekarang pertanyaan yang ada di benak setiap orang: Apa fungsinya sekarang?

Sebagian besar oposisi Rusia sudah mati, tersebar di pengasingan, atau dipenjarakan di dalam negeri. Kelompok oposisi dan tokoh politik penting lainnya mempunyai visi yang berbeda mengenai seperti apa Rusia seharusnya dan siapa yang harus memimpinnya. Bahkan tidak ada kandidat anti perang dalam pemungutan suara yang akan menantang Putin dalam pemilu bulan depan untuk masa jabatan keenamnya.

Akhir dari Perbedaan?

Dengan tersingkirnya Navalny dari daftar tersebut, banyak yang bertanya-tanya apakah ini adalah akhir dari perbedaan pendapat politik di Rusia.

“Alexei Navalny adalah pemimpin yang sangat cerdas dan karismatik. Dia mempunyai bakat untuk membangkitkan semangat masyarakat, untuk meyakinkan mereka akan perlunya perubahan,” kata Mikhail Khodorkovsky, mantan taipan yang menghabiskan satu dekade di penjara di Rusia atas tuduhan yang secara luas dianggap sebagai balas dendam politik karena menentang pemerintahan Putin pada awal tahun 2000-an.

“Ini adalah kekalahan yang sangat berat bagi oposisi Rusia,” katanya kepada The Associated Press setelah kematiannya.

Graeme Robertson, seorang profesor ilmu politik di Universitas North Carolina di Chapel Hill dan penulis buku tentang Putin dan politik kontemporer Rusia, mengatakan masalah terbesar yang melanda oposisi Rusia “adalah bahwa mereka tidak mampu melepaskan diri dari krisis, lingkaran liberal kecil untuk menarik dukungan dari masyarakat yang lebih luas.”

Khodorkovsky, yang tinggal di London, adalah salah satu dari beberapa politisi oposisi Rusia yang mencoba membangun koalisi dengan kelompok akar rumput anti perang di seluruh dunia dan tokoh-tokoh oposisi Rusia yang diasingkan. Mereka termasuk legenda catur Rusia, Garry Kasparov, Mikhail Kasyanov, mantan perdana menteri Rusia, dan Vladimir Kara-Murza Jr. yang saat ini menjalani hukuman penjara 25 tahun di Rusia karena pengkhianatan setelah mengkritik perang Rusia di Ukraina.

Namun tim Navalny dan Yayasan Anti Korupsi yang ia dirikan tidak menjadi bagian dari hal tersebut.

“Kami terus-menerus memberi tahu orang-orang dari Yayasan Anti Korupsi… bahwa akan sangat bagus jika kita semua bertemu tidak hanya di depan kamera televisi, tetapi juga duduk di meja,” kata Khodorkovsky dalam wawancara lain sebelum kematian Navalny, merujuk pada debat televisi pada bulan Januari yang diselenggarakan oleh saluran TV independen, Rusia Dozhd.

Meskipun Navalny adalah pemimpin pertama yang membangun oposisi nasional Rusia, ada faksi oposisi lain yang tidak menyukai dia atau organisasinya. Sebelum kematiannya, terdapat perselisihan publik dan panas di media sosial antara anggota timnya dan politisi lain tentang bagaimana mereka dapat menantang Putin dalam pemilu bulan Maret mendatang.

Putin Mengkonsolidasikan Kekuatan

Sementara itu, pemimpin Rusia terus mengkonsolidasikan cengkeramannya pada kekuasaan, menindak perbedaan pendapat di dalam negeri, memenjarakan kritikus perang di Ukraina, dan membungkam media independen.

Pertengkaran di antara pihak oposisi “tidak membantu,” kata Nigel Gould-Davies, mantan duta besar Inggris untuk Belarusia dan peneliti senior untuk Rusia dan Eurasia di Institut Internasional untuk Studi Strategis di London. Namun, bahkan jika pihak oposisi bersatu, ia mempertanyakan apakah “dengan adanya instrumen pemaksaan, penindasan dan intimidasi yang tersedia bagi negara Rusia, perbedaan apa yang akan dihasilkan, setidaknya dalam jangka pendek?”

Tiga Dekade Kekuasaan Putin

Putin menargetkan setidaknya enam tahun lagi di Kremlin, yang berarti ia dapat memerintah Rusia secara efektif selama hampir tiga dekade.

Para pemimpin dan aktivis oposisi Rusia yang tersisa, sebagian besar berada di luar negeri, kini bergulat dengan pertanyaan tentang bagaimana memberikan tantangan yang efektif terhadap Kremlin. Hal ini berarti menerobos propaganda negara untuk menjangkau warga Rusia di dalam negeri dan menawarkan mereka alternatif terhadap visi masa depan Kremlin.

Ini adalah tugas yang sulit, bahkan Navalny harus berjuang keras setelah dia kembali ke Moskow pada Februari 2021 untuk menghadapi penangkapan setelah memulihkan diri di Jerman dari keracunan racun saraf yang dia salahkan pada Kremlin.

Tak lama setelah dia kembali saat berada di penjara, timnya merilis investigasi media sosial terhadap korupsi yang telah dilihat jutaan kali. Hal ini memicu serangkaian protes anti korupsi di seluruh Rusia namun polisi secara brutal menindak dan menahannya ribuan orang.

Meskipun tim Navalny terus menerbitkan laporan investigasi yang berhasil, mereka pada akhirnya menghentikan protes tersebut dan mengatakan akan beralih ke taktik lain.

Meskipun Navalny sudah mengetahui hal ini, dan timnya berhasil mempublikasikan penyelidikan tersebut secara luas, pesan anti korupsi pada akhirnya gagal menghasilkan perubahan politik di Rusia, kata Robertson, karena sebagian besar orang Rusia “mengetahui bahwa negara mereka memiliki pemerintahan yang buruk dan bahwa elite mereka melakukan hal yang sama, korup, tapi mereka tidak melihatnya sebagai hal lain.”

Dalam tiga tahun sejak Navalny dipenjara, pihak berwenang Rusia telah memperkenalkan lebih banyak undang-undang yang memperketat kebebasan berbicara dan memenjarakan kritikus, seringkali orang biasa, terkadang selama beberapa dekade.

Khodorkovsky mengatakan tanggapan terhadap “pembunuhan” Navalny adalah dengan menggabungkan kekuatan dan melanjutkan pekerjaan yang dimulai sebelum kematian Navalny, mencoba meyakinkan masyarakat umum Rusia untuk melakukan protes dengan cara apa pun selama pemilihan presiden bulan Maret.

Dia meminta warga Rusia melakukan protes dengan menuliskan nama Navalny di kertas suara saat pemilu. Komite Anti Perang Rusia, yang didukung oleh Khodorkovsky dan politisi lainnya, juga meminta masyarakat Rusia untuk menghadiri “Noon Against Putin,” sebuah gagasan yang didukung oleh Navalny pada awal Februari, yang menyarankan penggunaan dalih pemungutan suara sebagai kesempatan untuk berkumpul  dan protes pada jam 24:00 malam pada 17 Maret.

Oposisi di Pengasingan

Sementara itu, oposisi Rusia menghadapi masa depan yang sebagian besar berada di pengasingan tanpa salah satu pemimpin mereka yang paling cerdas.

Ini akan sangat sulit, tetapi para politisi Rusia di pengasingan mengatakan mereka bertekad bahwa harapan demokrasi di negara mereka tidak akan mati seiring dengan kematian Navalny.

“Putin,” kata Khodorkovsky, “harus memahami bahwa ia dapat membunuh lawan politiknya, namun bukan gagasan tentang oposisi demokratis.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home