Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 13:10 WIB | Selasa, 20 Februari 2024

Rusia Tangkap 300 Orang Yang Beri Penghormatan pada Mendiang Navalny

Foto yang disediakan oleh kelompok Pussy Riot pada hari Minggu (18/2), di mana anggota menunjukkan spanduk yang terkait kematian opossi Alexei Navalni di Penjara Rusia, di depan kedutaan besar Rusia di Berlin, Jerman. (Foto: Pussy Riot/Nadya Tolokonnikova via AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Lebih dari 300 orang ditahan di Rusia saat memberikan penghormatan kepada pemimpin oposisi Alexei Navalny, yang meninggal di koloni hukuman terpencil di Arktik, sebuah kelompok hak asasi manusia terkemuka melaporkan pada Minggu (18/2).

Kematian mendadak Navalny, 47 tahun, merupakan pukulan telak bagi banyak orang Rusia, yang menggantungkan harapan masa depan mereka pada musuh bebuyutan Presiden Vladimir Putin itu. Navalny tetap vokal dalam kritiknya yang tak henti-hentinya terhadap Kremlin bahkan setelah selamat dari keracunan racun saraf dan menerima beberapa hukuman penjara.

Berita ini bergema di seluruh dunia, dan banyak pemimpin dunia yang menyalahkan Putin dan pemerintahannya atas kematian tersebut. Dalam percakapan dengan wartawan tak lama setelah meninggalkan kebaktian gereja pada hari Sabtu, Presiden AS, Joe Biden, menegaskan kembali pendiriannya bahwa Putin pada akhirnya harus disalahkan atas kematian Navalny. “Faktanya adalah Putin bertanggung jawab. Apakah dia memerintahkannya, dia bertanggung jawab atas keadaan tersebut,” kata Biden. “Itu mencerminkan siapa dia. Itu tidak bisa ditoleransi.”

Politisi lain mengambil sikap lebih hati-hati. Presiden Brasil, Luiz Inácio Lula da Silva, mengatakan pada hari Minggu (18/2) bahwa dia tidak akan “langsung mengambil kesimpulan” atas kematian Navalny. “Jika ada dugaan kematian, kita harus melakukan penyelidikan terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab meninggalnya warga negara (Navalny) tersebut,” kata Lula dalam konferensi pers sekembalinya dari pertemuan puncak Uni Afrika di Ethiopia, Minggu.

Sementara itu, istri Navalny, Yulia Navalnaya, memublikasikan foto pasangan tersebut di Instagram pada hari Minggu dalam postingan media sosial pertamanya sejak kematian suaminya. Judulnya sederhana: “Aku mencintaimu.”

Ratusan orang di puluhan kota di Rusia berbondong-bondong ke peringatan ad-hoc dan monumen bagi para korban penindasan politik dengan membawa bunga dan lilin pada hari Jumat dan Sabtu untuk memberikan penghormatan kepada politisi tersebut. Di 39 kota, polisi menahan 366 orang pada hari Minggu (18/2) malam, menurut kelompok hak asasi OVD-Info yang melacak penangkapan politik dan memberikan bantuan hukum.

Sebelumnya pada akhir pekan, kelompok tersebut melaporkan 401 penahanan dalam dua hari, namun kemudian memperbarui jumlahnya dan mengatakan bahwa jumlah mereka “dapat berubah naik dan turun dalam beberapa hari ke depan” seiring dengan verifikasi informasi.

Lebih dari 200 penangkapan dilakukan di St. Petersburg, kota terbesar kedua di Rusia, kata kelompok itu. Pada hari Minggu malam, pejabat pengadilan di St. Petersburg melaporkan keputusan yang memerintahkan 154 orang yang ditahan untuk menjalani hukuman satu hingga 14 hari penjara.

Di antara mereka yang ditahan adalah Grigory Mikhnov-Voitenko, seorang pendeta dari Gereja Ortodoks Apostolik – sebuah kelompok agama independen dari Gereja Ortodoks Rusia – yang mengumumkan rencana di media sosial untuk mengadakan upacara peringatan untuk Navalny dan ditangkap pada hari Sabtu pagi di luar rumahnya. Dia didakwa mengorganisir unjuk rasa dan ditempatkan di sel tahanan di kantor polisi, namun kemudian dirawat di rumah sakit karena stroke, OVD-Info melaporkan.

Acara peringatan juga terjadi di kota-kota di seluruh dunia.

Di Berlin, anggota kelompok aktivis Rusia, Pussy Riot, mengadakan demonstrasi di luar Kedutaan Besar Rusia, memegang spanduk bertuliskan “pembunuh” dalam bahasa Inggris dan Rusia.

Kelompok tersebut, yang terdiri dari anggota Pussy Riot, Nadya Tolokonnikova dan Lusya Shtein, serta sekutu lama Navalny, Lyubov Sobol, dan mantan jurnalis media pemerintah Rusia, Marina Ovsyannikova, berencana untuk berbaris dengan membawa spanduk ke Gerbang Brandenburg di kota tersebut tetapi akhirnya dihentikan oleh polisi.

Tolokonnikova mengatakan kepada Associated Press setelah demonstrasi bahwa tindakan tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan “bahwa kami ada.”

“Kami menunjukkan diri kami satu sama lain dan saling mendukung, dan menunjukkan dengan tindakan ini bahwa Rusia masih memiliki masa depan, dan gagasan tentang 'Rusia yang indah di masa depan' belum mati,” katanya, menggunakan istilah yang dibuat Navalny dengan terkenal. “Saat ini (ada yang) mengatakan bahwa harapan mati bersama Navalny. Namun menurut saya, dengan (kematian) Navalny, bukan harapan yang mati, melainkan tanggung jawab yang lahir.”

Lusinan orang di ibu kota Rumania, Bukares, juga berkumpul di luar Kedutaan Besar Rusia pada hari Minggu untuk memberikan penghormatan kepada pemimpin oposisi tersebut.

Banyak yang menyalakan lilin dan meletakkan bunga di samping potret Navalny, sementara beberapa orang mengacungkan plakat bertuliskan: “Anda tidak memenangkan pemilu yang bebas dengan membunuh oposisi.”

Di Finlandia, sekelompok warga Rusia mengumpulkan tanda tangan untuk petisi yang mengusulkan perubahan nama taman yang berdekatan dengan Kedutaan Besar Rusia di ibu kota, Helsinki, menjadi Taman Navalny untuk menghormati mendiang tokoh oposisi.

Berita kematian Navalny muncul sebulan sebelum pemilihan presiden di Rusia yang diperkirakan akan memberi Putin enam tahun lagi kekuasaan.

Pertanyaan tentang penyebab kematiannya masih ada, dan masih belum jelas kapan pihak berwenang akan melepaskan jenazah Navalny. Lebih dari 29.000 orang telah mengajukan permintaan kepada pemerintah Rusia agar jenazah politisi tersebut diserahkan kepada kerabatnya, kata OVD-Info pada hari Minggu.

Tim Navalny mengatakan pada hari Sabtu bahwa politisi itu “dibunuh.” Ibu dan pengacara Navalny menerima informasi yang kontradiktif dari berbagai institusi yang mereka kunjungi dalam upaya mengambil jenazah tersebut.

“Semua yang ada di sana ditutupi oleh kamera di koloni. Setiap langkah yang diambilnya difilmkan dari semua sudut selama ini. Setiap karyawan memiliki perekam video. Dalam dua hari, belum ada satu pun video yang bocor atau dipublikasikan. Tidak ada ruang untuk kepastian di sini,” sekutu dan ahli strategi terdekat Navalny, Leonid Volkov, mengatakan pada hari Minggu.

Lembaga Pemasyarakatan Federal Rusia melaporkan bahwa Navalny merasa mual setelah berjalan-jalan pada hari Jumat dan tidak sadarkan diri di penjara di kota Kharp, di wilayah Yamalo-Nenets sekitar 1.900 kilometer (1.200 mil) timur laut Moskow. Ambulans tiba, namun ia tidak dapat dihidupkan kembali, kata layanan tersebut, seraya menambahkan bahwa penyebab kematiannya masih “sedang ditentukan.”

Navalny telah dipenjara sejak Januari 2021, ketika dia kembali ke Moskow setelah memulihkan diri di Jerman dari keracunan zat saraf yang dia salahkan pada Kremlin. Dia menerima tiga hukuman penjara sejak penangkapannya, atas sejumlah tuduhan yang dia tolak karena bermotif politik.

Setelah putusan terakhir yang memberinya hukuman 19 tahun, Navalny mengatakan dia memahami bahwa dia “menjalani hukuman seumur hidup, yang diukur dengan lamanya hidup saya atau lamanya rezim ini.”

Beberapa jam setelah kematian Navalny dilaporkan, jandanya muncul secara dramatis di Konferensi Keamanan Munich.

Navalnaya mengatakan dia tidak yakin apakah dia bisa mempercayai berita dari sumber resmi Rusia, “tetapi jika ini benar, saya ingin Putin dan semua orang di sekitar Putin, teman-teman Putin, pemerintahnya tahu bahwa mereka akan memikul tanggung jawab atas apa yang mereka lakukan terhadap negara kita , untuk keluargaku dan suamiku.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home