Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 09:36 WIB | Rabu, 03 September 2014

Apresiasi Film Karya Anak Bangsa Akan Kembali Digelar

Konferensi pers Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2014. (Foto: klikgaya.co.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Apresiasi Film Indonesia (AFI) tahun ini akan kembali di gelar pada 13 September 2014. Festival film hasil kerja sama Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Badan Perfilman Indonesia kali ini rencananya akan digelar di Istana Maimun, Medan, Sumatra Utara. AFI kali ini memang sengaja diselenggarakan di luar Jawa untuk meningkatkan apresiasi dan kecintaan masyarakat terhadap produksi film anak-anak bangsa, khususnya bagi masyarakat yang berada di luar Jawa.

Menanggapi hal tersebut, ternyata pemerintah Provinsi Sumatra Utara bersedia mendukung jalannya acara, termasuk dalam hal pendanaan.

Ketua AFI tahun ini, Robby Ertanto mengatakan ada 17 Piala Dewantara yang akan diperebutkan dalam ajang perfilman tersebut. Sejumlah Piala Dewantara ini dibagi ke dalam beberapa subkategori, di antaranya penghargaan utama, penghargaan khusus, dan penghargaan inspiratif. Jurinya pun berasal dari beragam profesi yang berbeda, seperti produser (Sheila Timothy), sutradara (Lasja Fauzia), budayawan (Nirwan Dewanto), wartawan (Kemala Atmojo), aktor (Alex Komang), pengamat film (Totot Indarto), penulis (AS Laksana), akademisi (Hilmar Farid), dan penggiat komunitas film (Hafiz Rancajale).

Robby Ertanto menegaskan bahwa film-film Indonesia yang diputar di bioskop periode 10 Oktober 2013 – 31 Juli 2014 otomatis akan masuk dalam penjurian AFI dan tidak perlu melalui pendaftaran terlebih dahulu.

Untuk memeriahkan acara, AFI kali ini akan digelar dengan beragam rangkaian acara. Rangkaian acara ini mencakup sosialisasi dan workshop dengan tema klasifikasi film sepanjang Agustus hingga September. Ada juga pawai artis, museum visit, dan launching Piala Dewantara. Rangkaian acara ini akan digelar di sejumlah kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Makassar, dan Medan.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home