Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 19:18 WIB | Senin, 01 Februari 2016

Arab Saudi dan Turki Beri Dukungan Oposisi Suriah

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al Jubeir (kanan) dan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu. (Foto: naharnet.com)

RIYADH, SATUHARAPAN.COM - Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al Jubeir dan Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, hari Minggu (31/1), menyuarakan dukungan bagi tokoh oposisi Suriah yang turut serta dalam perundingan damai yang ditengahi Perserikatan Bangsa-bangsa di Jenewa.

“Kami memiliki posisi yang sama dalam mendukung saudara Suriah kami secara langsung atau ketika mereka turut serta dalam pertemuan internasional,” kata Jubeir di Riyadh dalam sebuah konferensi pers gabungan dengan Cavusoglu.

Diplomat tinggi Turki Cavusoglu mengatakan bahwa “kami mendukung tuntutan gencatan senjata dan pengiriman bantuan kemanusiaan” ke beberapa kota terkepung di Suriah seperti yang diminta oposisi.

Koalisi oposisi Higher Negotiations Committee/HNC mengancam akan memboikot perundingan di Jenewa yang melibatkan perwakilan pemerintah Suriah kecuali dipenuhinya beberapa syarat.

Delegasi dari HNC pada hari Sabtu malam tiba di kota Swiss itu dan pada hari Minggu, beberapa anggota bertemu dengan utusan PBB Staffan de Mistura.

“Kami baru saja datang ke Jenewa setelah komitmen tertulis tentang fakta bahwa akan ada kemajuan penting dalam isu kemanusiaan,” kata juru bicara HNC Basma Kodmani kepada wartawan.

“Kami di sini untuk mengikuti negosiasi politik tetapi kami tidak dapat memulai ini hingga kami mengetahui hal tersebut,” katanya. (AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home