Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 20:11 WIB | Kamis, 29 Mei 2014

Arena Pantanal, Tak Dapat Dipisahkan dari Sang Arsitek

Stadion Arena Pantanal, di kota Cuiaba. (Foto: theleagueinsider.com).

SATUHARAPAN.COM -  Nama Stadion Arena Pantanal, di Cuiaba tidak dapat dipisahkan dari Jose Fragelli, sang arsitek sekaligus gubernur negara bagian Mato Grosso kala itu.

Sebelum dipugar pada 2010, stadion ini masih bernama Jose Fragelli. Stadion ini didirikan pada  1970 oleh Jose Fragelli yang merupakan gubernur Mato Grosso kala itu. Maka dari itu, nama stadion tersebut adalah Estadio Jose Fragelli. Namun setelah diruntuhkan pada Mei 2010, lalu dibangun kembali, stadion ini dinamakan Estadio Arena Pantanal, tetapi masyarakat sekitar masih mengenalnya sebagai Estadio Fragelli.

Jose Manuel Fontanillas Fragelli  termasuk salah satu orang terkemuka di Brasil, selain politisi, dia pernah berprofesi sebagai pengacara dan akademisi. Fragelli menjabat Gubernur Mato Grosso dari 1970 sampai 1974 dan Presiden Senat Brasil dari tahun 1985 hingga 1987. Fragelli bergelar sarjana Hukum dari Fakultas Hukum di Universitas Sao Paulo. Fragelli memulai karirnya sebagai Jaksa Distrik dan Profesor Hukum dan pernah terpilih sebagai Presiden Senat Brasil dari tahun 1985 sampai 1987. Jose Fragelli meninggal pada April 2010.

Stadion yang berkapasitas 42.968 penonton ini berada di kota Cuiaba yang terkenal dengan kekayaan flora dan faunanya. Maka dari itu, pembangunan stadion yang berada di negara bagian Mato Grosso ini dilakukan dengan semangat ramah lingkungan. Hasilnya, stadion bernama lengkap Estadio Arena Pantanal ini (akan) terlihat sangat hijau dan asri.

Estadio Arena Pantanal akan menggelar empat pertandingan babak penyisihan grup yaitu Chile vs Australia Jumat (13/6), Rusia vs Korea Selatan Selasa (17/6) malam WIB, Nigeria vs Bosnia Herzegovina (21/6) dini hari WIB, dan Jepang vs Kolombia Selasa (24/6). (wikipedia.org/fifa.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home