Loading...
INDONESIA
Penulis: Prasasta Widiadi 01:30 WIB | Minggu, 22 Juni 2014

Argentina Tundukkan Iran 1-0

Argentina Tundukkan Iran 1-0
Sergio Aguero (kaus biru) dikawal ketat gelandang Iran, Mehrdad Pooladi. (Foto-foto: fifa.com).
Argentina Tundukkan Iran 1-0
Pendukung Argentina di tribun penonton.
Argentina Tundukkan Iran 1-0
Para pendukung Iran mendukung di tribun penonton.
Argentina Tundukkan Iran 1-0
Para pendukung Iran mendukung di tribun penonton.
Argentina Tundukkan Iran 1-0
Mehdad Pooladi (kaus merah, Iran) menghadang laju Lionel Messi.

BELO HORIZONTE, SATUHARAPAN.COM – Argentina akhirnya sukses dipenghujung laga mengungguli Iran dengan skor tipis 1-0 pada partai kedua grup F Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Stadion Minerao, Belo Horizonte, Brasil.

Argentina kesulitan membongkar rapatnya pertahanan “parkir bus” yang diterapkan tim Negeri Persia karena tercatat di awal babak pertama penguasaan bola nyaris 80 persen, dan 10 kali tembakan ke gawang, akan tetapi kegemilangan barisan belakang Iran terbantu dengan penampilan penjaga gawang Iran, Alireza Haghighi.  

Menit kelima, Iran mendapat hadiah tendangan bebas di posisi yang menguntungkan negeri Persia tersebut, setelah Pablo Zabaleta tidak sengaja menyentuh bola dengan tangan saat menghadang pergerakan sayap kiri Iran, Ashkan Dejagah. Bola dieksekusi Shojaei menuju kotak penalti Argentina, akan tetapi dapat dihalau Federico Fernandez.

Seusai tendangan bebas yang gagal dari Iran, Argentina gantian mengancam gawang Iran, Pablo Zabaleta melepaskan bola panjang ke arah Aguero, tetapi bola yang hendak ditendang Aguero masih tertahan barisan belakang negeri Persia yang dikomandoi Husein Amir Sadhegi.

Menit ke-12, Argentina memaksakan bola berada di garis pertahanan Iran, saat Di Maria dan Lionel Messi saling mengoper kulit bundar, akan tetapi saat bola hendak mencapai Higuain berhasil disapu jauh oleh Shojaei di pertahanan Iran.

Fernando Gago mengoper bola terobosan ke penyerang yang bermain di Napoli, Gonzalo Higuain. Penyerang Argentina ini gagal menguasai bola dan peluang di menit ke-13 itu digagalkan Alireza Haghighi yang kokoh di bawah mistar Iran.

Bola hasil tendangan Angel Di Maria di menit ke-19 melenceng dari gawang Iran, padahal umpan Federico Fernandez sudah tepat.

Iran memainkan pertahanan berlapis, terlihat dari tujuh pemain menumpuk di sekitar kotak penalti anak asuh Carlos Queiroz tersebut, dan tim Tango, julukan Argentina gagal menembus celah tersebut, seperti terjadi menit ke-25 saat Marcos Rojo menyambut bola tendangan penjuru Angel Di Maria.

Bola sundulan Rojo tidak sampai ke gawang karena dihalau salah satu palang pintu negeri Persia, Edzan Hajsafi jauh dari kotak penalti.

Semenit kemudian tendangan penjuru dari Di Maria kembali mengancam gawang Iran, sama saja seperti peluang sebelumnya, kali ini Sergio Aguero gagal memanfaatkan karena kali ini tepat ke tangan Alireza Haghighi.

Menjelang setengah jam pertandingan bergulir, Argentina tetap kesulitan menembus barikade “parkir bus” pertahanan Iran, terbukti eksekusi bola tendangan bebas dari Lionel Messi jauh melambung di atas gawang Iran. Babak pertama usai dengan kedudukan tanpa gol.

Babak kedua, pertandingan masih berjalan “satu arah” seperti babak pertama. Ashkan Dejagah protes ke wasit menit ke-54, setelah dia dilanggar Pablo Zabaleta di kotak penalti. Sebelumnya serangan balik Iran tersebut dikomandoi Anderanik Tymourian.

Iran terselamatkan menit ke-60, peluang emas dari Lionel Messi nyaris membuat tim Tango unggul apabila bola yang dia tendang tidak melenceng dari gawang Iran.

Menit ke-67 Ashkan Dejagah kembali mengancam gawang Sergio Romero, lewat bola sundulan, sayang sekali kiper Argentina ini tangkas dan cekatan menghalau bola dengan satu tangan.

Argentina nyaris putus asa menit ke-85 saat Rodrigo Palacio mendapat bola dari Ezequiel Garay nyaris membuat gol, tetapi Haghighi kembali mempertunjukkan penyelamatan.   

Lionel Messi berperan sebagai “juru selamat” bagi Argentina tatkala gol yang dia ciptakan saat injury time menempatkan Argentina kokoh sebagai pemuncak klasemen Grup F.

Gol Messi tepatnya tercipta menit ke-92, aksi individu penyerang Barcelona ini menggiring bola dari 25 meter dari luar kotak penalti dan diakhiri tembakan pelan ke gawang Iran, kali ini Haghighi takluk di bawah gawang Iran. Argentina memenangi pertandingan 1-0.

Susunan Pemain:

Iran: Alireza Haghighi, Edzan Hajsafi, Jalal Hosseini, Hossain Amir Sadeghi, Javad Nekounam, Mashoud Soulaiman Shojaei, Andranik Tymourian, Pejman Montazeri, Reza Ghoochannejad, Askan Dejagah, Merdad Pooladi

Argentina: Sergio Romero, Pablo Zabaleta, Ezequeil Garay, Federico Fernandez, Marcos Rojo, Fernando Gago, Javier Mascherano, Angel Di Maria, Gonzalo Higuain, Lionel Messi, Sergio Aguero. (soccerway.com/fifa.com/sportsmole.co.uk).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home