Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 11:38 WIB | Rabu, 21 Desember 2022

Arkeolog Israel Sedang Menggali Situs Makam “Bidan” Yesus

Arkeolog Israel Sedang Menggali Situs Makam “Bidan” Yesus
Interior gua pemakaman Periode-Bait Suci Kedua berusia 2000 tahun yang disebut Gua Salome yang baru-baru ini ditemukan di Hutan Lachish di Israel, Selasa, 20 Desember 2022. Para arkeolog mengatakan bahwa gua tersebut terus digunakan pada periode Bizantium dan periode Islam Awal, dikenal sebagai Gua Salome, karena tradisi populer yang mengidentifikasinya sebagai tempat pemakaman Salome, bidan kelahiran Yesus. (Foto: AP/ Maya Alleruzzo)
Arkeolog Israel Sedang Menggali Situs Makam “Bidan” Yesus
Zvi Firer Otoritas Kepurbakalaan Israel memegang lampu minyak berukir yang ditemukan di halaman menuju gua pemakaman, yang diyakini telah disewa untuk para peziarah yang berkunjung, di Lachish, Israel, pada 20 Desember 2022. (Foto: Melanie Lidman/Times of Israel)
Arkeolog Israel Sedang Menggali Situs Makam “Bidan” Yesus
Saar Ganon, direktur proyek Judean Kings Trail, menunjukkan prasasti, 'Zacharia Ben Kerelis, didedikasikan untuk Salome Suci,' di gua pemakaman di Lachish, Israel, pada 20 Desember 2022. (Foto: Melanie Lidman/Times of Israel )
Arkeolog Israel Sedang Menggali Situs Makam “Bidan” Yesus
Prasasti untuk 'Zacharia Ben Kerelis, didedikasikan untuk Salome Suci' di pemakaman gua di Lachish, Israel, pada 20 Desember 2022. (Foto: Melanie Lidman/Times of Israel)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Sebuah makam kuno yang secara tradisional dikaitkan dengan bidan kelahiran Yesus sedang digali lagi oleh para arkeolog di perbukitan barat daya Yerusalem, kata otoritas barang antic, hari  Selasa (20/12).

Kompleks gua pemakaman Yahudi yang didekorasi dengan rumit berasal dari sekitar abad pertama Masehi, tetapi kemudian dikaitkan oleh orang Kristen setempat dengan Salome, bidan Yesus dalam Injil. Kapel Bizantium dibangun di situs tersebut, yang merupakan tempat ziarah dan pemujaan selama berabad-abad sesudahnya.

Gua tersebut pertama kali ditemukan dan digali puluhan tahun lalu oleh seorang arkeolog Israel. Halaman depan gua yang besar sekarang sedang digali oleh para arkeolog sebagai bagian dari proyek pengembangan jejak warisan di wilayah tersebut.

Salib dan prasasti dalam bahasa Yunani dan Arab yang diukir di dinding gua selama periode Bizantium dan Islam menunjukkan bahwa kapel itu didedikasikan untuk Salome.

Peziarah akan “menyewa lampu minyak, masuk ke dalam gua, biasanya akan berdoa, keluar untuk mengembalikan lampu minyak,” kata Ziv Firer, direktur penggalian. “Kami menemukan puluhan, dengan dekorasi tanaman dan bunga yang indah.”

Akan Dibuka untuk Umum

Menjelang pembukaan gua pemakaman yang didedikasikan untuk Salome, bidan Yesus, untuk umum, para arkeolog baru-baru ini menemukan sejumlah artefak yang tak ternilai dari halamannya, menurut laporan Otoritas Barang Antik Israel (IAA)

“Menurut tradisi Kristen, Salome adalah bidan dari Bethlehem, yang dipanggil untuk berpartisipasi dalam kelahiran Yesus,” kata arkeolog IAA Zvi Firer. Dia dipercaya bahwa dia diminta untuk melahirkan bayi perawan, dan tangannya menjadi kering dan baru sembuh ketika dia memegang buaian bayi itu.

Gua kuburan ditemukan pada tahun 1982 oleh penjarah barang antik dan kemudian digali pada tahun 1984 oleh Prof. Amos Kloner dari IAA. Namun, meskipun banyak bukti penggunaannya sebagai situs suci Kristen, itu tidak pernah dibuka untuk umum.

Selama dua bulan terakhir, para arkeolog telah menggali halaman rumit seluas 350 meter persegi di pintu masuk gua, penuh dengan ukiran batu yang rumit, lengkungan yang menjulang tinggi, lantai mozaik, dan sisa-sisa toko tempat para peziarah mungkin telah menyewa lampu minyak untuk menerangi jalan mereka di dalam gua untuk berdoa.

“Kami menemukan lusinan lampu ini ditutupi dengan ukiran buah delima dan desain geometris yang rumit,” kata Firer.

Lampu-lampu tersebut, termasuk lebih dari dua lusin yang ditemukan utuh, ditemukan bersama di area yang diidentifikasi oleh para arkeolog sebagai pasar kecil di halaman.

 “Kami percaya bahwa peziarah akan datang ke sini, menyewa lampu minyak, berdoa di dalam, dan melanjutkan perjalanan. Ini seperti hari ini ketika Anda pergi ke makam seorang rabi yang dihormati dan menyalakan lilin di sana,” kata Firer.

Gua itu kemungkinan besar adalah gua pemakaman Yahudi untuk keluarga kaya sebelum diadaptasi sebagai situs suci Kristen. Ruang pertama gua penguburan berasal dari periode Kuil Kedua, yang membentang dari abad ke-6 SM hingga 70 M. Ini memiliki beberapa kamar dengan beberapa kokhim (ceruk pemakaman) yang dipahat dari batu dan osuarium (kotak batu) yang rusak, yang mencerminkan kebiasaan penguburan Yahudi.

Orang Kristen setempat pertama kali mengidentifikasi situs itu sebagai tempat pemakaman Salome di era Bizantium dan mengubah tempat itu menjadi situs ziarah, kata Firer. Ruang dalam gua pemakaman berasal dari era Bizantium, dari sekitar 300 M hingga 600 M. Lampu minyak yang baru ditemukan berasal dari abad ke-8 atau ke-9 Masehi pada periode awal Islam.

Firer menambahkan bahwa nama "Salome" atau "Shlomit" adalah nama umum Yahudi pada periode Kuil Kedua dalam keluarga Hasmonean dan Herodian. “Nama Salome mungkin muncul di zaman kuno di salah satu osuarium di makam, dan tradisi yang mengidentifikasi situs tersebut dengan Salome sang bidan berkembang, dengan gua yang dihormati oleh agama Kristen,” katanya.

Pembangunan Jejak Raja Yudea

Pekerjaan sedang dilakukan untuk membuka gua untuk umum untuk pertama kalinya sebagai bagian dari Judean Kings Trail, jalur sepanjang 100 kilometer dari Bersyeba ke Beit Guvrin yang menampilkan lusinan situs arkeologi penting.

Gua pemakaman ditutupi dengan grafiti kuno, termasuk kata-kata "Salome", "Yesus", nama-nama peziarah, dan salib terukir di dinding. Yang paling mengesankan adalah prasasti dalam bahasa Yunani yang berbunyi "Zacharia Ben Kerelis, didedikasikan untuk Salome Suci." Arkeolog percaya bahwa Zacharia Ben Kerelis adalah seorang pelindung Yahudi kaya yang mendanai pembangunan bagian dari gua pemakaman dan halaman.

“Kami sekarang sedang mencari cara untuk melestarikan semua ukiran kuno ini sambil membuka situs tersebut untuk umum,” kata Saar Ganor, direktur IAA dari Proyek Jejak Raja Yudea. Penggalian saat ini juga dilakukan bekerja sama dengan Kementerian Yerusalem dan Warisan dan Dana Nasional Yahudi.

Beberapa peziarah masih memasuki makam secara ilegal, sebagaimana dibuktikan dengan ikon dan lilin modern di altar di kamar dalam, tetapi Ganor berharap pembukaan resmi gua akan memungkinkan lebih banyak orang untuk mengunjungi situs tersebut dengan aman.

“Jejak ini, yang melintasi Yudean Shefelah (tanah datar), adalah tulang punggung warisan budaya orang Yahudi, dan mencakup lusinan situs dari zaman Alkitab, Kuil Kedua, Mishnah, dan Talmud,” kata Ganor. “Ini adalah jalur yang sangat penting yang menggabungkan pariwisata, sejarah, dan pembangunan.” (AP/Times of Israel)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home