Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 15:27 WIB | Rabu, 15 April 2015

Arkeolog Mesir Temukan Kapel Firaun

Ilustrasi Kapel Firaun yang ditemukan oleh arkeolog. (Foto: timesofisrael.com)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM – Arkeolog yang menggali sebuah situs candi kuno di Kairo menemukan bagian sebuah kapel yang digunakan oleh Firaun sekitar 2.300 tahun lalu, ungkap kementerian urusan barang antik Mesir pada Selasa (14/4).

Kapel tersebut ditemukan di sebuah situs di ibu kota Firaun kuno, Heliopolis, yang saat ini menjadi distrik kelas menengah di Kairo.

Kapel itu dibangun oleh Raja Nectanebo I, raja pada dinasti ke-30 yang berkuasa dari 380 hingga 340 sebelum Masehi (SM) di antara dua invasi Persia ke Mesir kuno.

Tempat berdoa di dalam kuil yang lebih besar itu “terdiri dari blok basal yang terukir di samping bagian patung raja,” menurut pernyataan kementerian.

Patung itu menggambarkan Merineptah, putra Raja Ramses II pada dinasti ke-19, tengah menyajikan persembahan kepada dewa.

Tim gabungan Mesir-Jerman yang menggali situs tersebut berharap dapat menemukan seluruh bagian kuil yang terbuat dari batu bata dalam musim penggalian tersebut, ungkap pernyataan itu.

Penemuan semacam itu jarang terjadi di area tersebut, setelah banyak bebatuan dari situs kuno digunakan dalam pembangunan Kairo Islam di abad ke-12.(AFP)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home