Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:13 WIB | Sabtu, 01 April 2023

AS Akan Umumkan Bantuan Militer Baru untuk Ukraina Senilai US$2,6 Miliar

Rekaman serangan drone di atas Bakhmut, wilayah Donetsk menunjukkan kehancuran di tengah pertempuran sengit selama invasi Rusia yang sedang berlangsung ke Ukraina dalam gambar diam yang diperoleh dari video media sosial yang dirilis 26 Maret 2023. (Foto: dok. Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Paket bantuan militer baru Amerika Serikat senilai US$2,6 miliar yang dapat mencakup radar pengawasan udara, roket anti-tank, dan truk bahan bakar untuk perang Ukraina melawan Rusia akan diumumkan secepatnya pada hari Senin, kata tiga pejabat AS pada hari Jumat (31/3).

Setengah lusin jenis amunisi, termasuk amunisi tank, juga diharapkan masuk dalam daftar peralatan yang dapat diselesaikan akhir pekan ini, kata pejabat yang berbicara tanpa menyebut nama, menambahkan bahwa jumlah dolar dan peralatan khusus di paket dapat berubah.

Juga dijadwalkan untuk dimasukkan adalah amunisi udara presisi, peralatan penghubung yang akan digunakan Ukraina untuk menyerang posisi Rusia, kendaraan pemulihan untuk membantu melumpuhkan alat berat seperti tank dan putaran tambahan untuk pertahanan udara NASAMS yang telah diberikan AS dan sekutunya kepada Kiev.

Bantuan tersebut terdiri dari bantuan senjata senilai US$2,1 miliar yang berasal dari dana Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina (USAI) yang memungkinkan pemerintahan Presiden Joe Biden untuk membeli senjata dari industri, bukan dari stok senjata AS.

Sisanya US$500 juta, terutama terdiri dari amunisi untuk membantu Kiev mendorong serangan musim semi terhadap invasi Rusia, diharapkan berasal dari dana Otoritas Penarikan Presiden, yang memungkinkan presiden mengambil dari saham AS saat ini dalam keadaan darurat.

AS sekarang telah menjanjikan bantuan keamanan senilai lebih dari US$30 miliar ke Ukraina sejak invasi. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home