Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 22:36 WIB | Minggu, 13 April 2014

AS Berencana Kunjungan Kabinet Pertama ke Taiwan

Gina McCarthy pejabat sekelas menteri dari United State Environmental Protection Agency (EPA). (Foto: focustaiwan.tw)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Pejabat tinggi lingkungan AS akan melakukan kunjungan ke Taiwan dalam kunjungan pemimpin tingkat kabinet pertama Washington, ke pulau yang diklaim Tiongkok tersebut, dalam 14 tahun, ungkap ajudan pada Sabtu (12/4).

Gina McCarthy, pejabat Badan Perlindungan Lingkungan AS (United State Environmental Protection Agency/EPA), akan berkunjung ke Taiwan dan Vietnam dari Senin hingga Rabu untuk membahas kerja sama, kata kantornya dalam sebuah pernyataan.

Kunjungan itu akan menjadi kunjungan tingkat kabinet AS pertama ke Taiwan sejak 2000 ketika mantan presiden AS Bill Clinton mengutus menteri transportasi Rodney Slater ke pulau itu.

Tiongkok kerap memprotes bentuk pengakuan internasional untuk Taiwan, yang dianggap sebagai provinsi yang menanti reunifikasi, dengan kekuatan bila diperlukan.

Namun, kunjungan McCarthy – yang telah lama dinantikan – diumumkan dengan pernyataan biasa pada akhir pekan.

EPA mengatakan bahwa McCarthy akan bertemu dengan pejabat lingkungan dan “otoritas tinggi Taiwan” serta menyampaikan sambutan di National Taiwan University.

Kunjungannya dalam rangka kerjasama membahas isu lingkungan antar kedua negara itu dilakukan seiring dengan meningkatnya tantangan terhadap kebijakan Presiden Taiwan Ma Ying-jeou mengenai persahabatan dengan Tiongkok, yang diprotes mahasiswa karena dianggap akan merendahkan pulau itu. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home