Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:03 WIB | Rabu, 27 Desember 2023

AS: Iran Sangat Terlibat Serangan Houthi Yaman pada Kapal Komersial di Laut Merah

Houthi yang didukung Iran di Yaman mempublikasikan video yang menunjukkan bagaimana kelompok tersebut membajak kapal pengiriman terkait Israel di Laut Merah pada 20 November 2023. (Foto: Tangkapan layar/X)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Iran “sangat terlibat” dalam perencanaan serangan pemberontak Houthi Yaman terhadap kapal-kapal komersial di Laut Merah, kata pemerintahan Joe Biden pada hari Jumat (22/12), meningkatkan retorikanya terhadap Teheran di tengah meningkatnya krisis seputar upaya pengiriman global.

Mengutip informasi intelijen Amerika yang baru dibuka, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, Adrienne Watson, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Iran menyediakan senjata, pendanaan, pelatihan dan “intelijen taktis” untuk memungkinkan serangan di sepanjang koridor laut yang penting.

“Dukungan Iran selama krisis Gaza telah memungkinkan Houthi melancarkan serangan terhadap Israel dan sasaran maritim, meskipun Iran sering kali menyerahkan kewenangan pengambilan keputusan operasional kepada Houthi,” kata Watson.

“Sejak tahun 2015, Iran telah mentransfer sistem senjata canggih ke Houthi, termasuk Sistem Pesawat Udara Tak Berawak, Rudal Jelajah Serangan Darat, dan rudal balistik yang telah digunakan dalam serangan terhadap kapal maritim, termasuk kapal komersial yang tidak diketahui memiliki hubungan dengan Israel, dan dalam serangan melawan Israel sejak Oktober,” ungkapnya.

Tanpa dukungan Iran yang berkelanjutan, “Houthi akan kesulitan melacak dan menyerang kapal-kapal komersial secara efektif,” kata Watson.

Iran, yang telah lama mendukung pemberontak Yaman, telah menyediakan sistem pesawat udara tak berawak, rudal jelajah, dan rudal balistik kepada Houthi, termasuk yang digunakan dalam serangan baru-baru ini terhadap kapal komersial dan militer serta upaya serangan terhadap Israel, menurut penilaian AS.

“Kami tidak punya alasan untuk percaya bahwa Iran berusaha menghalangi kelompok Houthi melakukan perilaku sembrono ini,” kata Watson.

Serangan Houthi telah mendorong semakin banyak perusahaan yang menghentikan operasinya di jalur perdagangan utama tersebut.

AS telah membentuk koalisi angkatan laut untuk melindungi jalur pelayaran global Laut Merah. Namun, pemerintahan Biden belum mengambil langkah untuk membatalkan keputusannya mendeklasifikasi Houthi sebagai organisasi teror. Para pejabat AS mengatakan Washington masih mempertimbangkan langkah tersebut.

Sementara itu pada hari Kamis (21/12), Yunani mengumumkan bergabung dengan koalisi angkatan laut pimpinan AS. Australia juga mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka akan mengirim 11 personel untuk mendukung koalisi, yang dijuluki Operasi Penjaga Kemakmuran, tetapi tidak ada kapal perang atau pesawat.

Menteri Pertahanan Australia, Richard Marles, mengatakan militer Australia perlu tetap fokus di kawasan Pasifik.

Gugus tugas yang diumumkan oleh Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, pada hari Senin awalnya mencakup Inggris, Bahrain, Kanada, Prancis, Italia, Belanda, Norwegia, Seychelles, dan Spanyol.

Kelompok Houthi yang didukung Iran mengatakan serangan rudal dan drone mereka terhadap kapal kontainer yang lewat adalah untuk mendukung warga Palestina dalam perang Gaza yang berkecamuk antara Israel dan kelompok teror Hamas sejak 7 Oktober. Kelompok pemberontak Yaman telah mengumumkan bahwa mereka akan menargetkan kapal mana pun yang menuju ke Israel atau terkait dengan Israel, meskipun sejumlah kapal yang tidak jelas hubungannya dengan Israel juga menjadi sasaran.

Beberapa negara lain juga telah setuju untuk terlibat dalam operasi tersebut tetapi memilih untuk tidak disebutkan namanya secara publik, kata seorang pejabat pertahanan AS yang tidak mau disebutkan namanya pada hari Senin untuk membahas rincian tambahan dari misi baru yang belum diumumkan secara publik.

Serangan Houthi di perairan yang mengarah ke Terusan Suez, yang merupakan titik sempit bagi sekitar 10 persen perdagangan global, telah memaksa banyak perusahaan pelayaran mengalihkan kapal mereka.

Perusahaan-perusahaan telah memerintahkan kapal mereka untuk tetap berada di tempatnya dan tidak memasuki Selat Bab el-Mandeb di ujung selatan Laut Merah sampai situasi keamanan dapat diatasi.

Sehari setelah Austin mengumumkan operasi satuan tugas, pemberontak Houthi bersumpah untuk terus menyerang kapal, menyatakan mereka tidak akan dihalangi oleh koalisi angkatan laut. Houthi juga telah meluncurkan rudal dan drone ke Israel selatan, yang dicegat oleh sistem pertahanan udara. (AP/ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home