Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 20:34 WIB | Selasa, 08 Juli 2014

AS Kaji Video Pidato Pimpinan ISIL

ISIS mengunggah video yang mengklaim pemimpinnya Abu Bakr al-Baghdadi saat memberikan khotbah Jumat (4/7) di sebuah Masjid di Mosul. (Foto: alarabiya.net)
WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Amerika Serikat mengatakan video pidato Abu Bakr al-Baghdadi, pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS atau ISIL) yang diposting di Internet akhir pekan lalu, sekarang sedang dikaji keasliannya oleh pihak intelijennya. 
 
"Pada saat ini kami belum dapat menentukan keaslian video itu.  Jadi saat ini sedang ditinjau oleh intelejen dan oleh Departemen Luar Negeri, "kata Sekretaris Pers kantor kepresidenan AS, Josh Earnest di Washington Senin (7/7). 
 
"Selama video belum dikonfirmasi, saya tidak dalam posisi untuk mengomentari hal itu pada saat ini." Tambah Earnest. 
 
Sementara juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jen Psaki mengatakan dalam sebuah konferensi pers bahwa Amerika Serikat  "tidak ada alasan untuk meragukan" keaslian video Baghdadi. 
 
"Tentu saja kami telah melihat. Kami tidak punya alasan untuk meragukan keaslian video tersebut," kata Psaki. 
 
Pada Sabtu (5/6) ISIS mengunggah video pidato Baghdadi, yang menyatakan dirinya sebagai "khalifah" dari semua Muslim di seluruh dunia. 
 
"Aku adalah wali (pemimpin) yang memimpin Anda, meskipun saya bukan yang terbaik dari Anda, jadi jika Anda melihat bahwa saya benar, bantu saya," katanya, mengenakan sorban hitam dan jubah. 
 
"Jika Anda melihat saya salah, menasihati saya supaya menempatkan diri saya pada jalur yang benar, dan patuhlah kepadaku selama aku taat kepada Tuhan di dalam kamu." 
 
Video ini dirilis setidaknya pada dua situs yang dikenal digunakan oleh ISIS, sayap media kelompoknya. 
 
Video itu merupakan pemunculan resmi pertama Baghdadi. Dia mengenakan jubah hitam dan sorban hitam, memiliki mata gelap, alis tebal dan jenggot hitam penuh. Dia berbicara fasih bahasa Arab klasik, tetapi dengan sedikit emosi. (alarabiya.net)

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home