Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 14:36 WIB | Rabu, 03 Juni 2015

AS Konfirmasi Bertemu Milisi Houthi di Oman

Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Timur Dekat, Anne Patterson. (Foto: english.ahram.org.eg)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM – Amerika Serikat (AS), Selasa (2/6), untuk pertama kalinya mengonfirmasi bahwa seorang diplomat AS telah menggelar perundingan dengan milisi Houthi Syiah Yaman di Oman.

Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Timur Dekat, Anne Patterson, menggelar sejumlah pertemuan di Oman dengan beberapa pihak yang terlibat dalam konflik Yaman. “Termasuk perwakilan Houthi,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS, Marie Harf.

Patterson juga berkunjung ke Arab Saudi untuk perundingan terkait konflik tersebut dengan beberapa pemimpin Saudi dan Presiden Yaman, Abedrabbo Mansour Hadi, yang melarikan diri dari negaranya untuk mencari perlindungan di Riyadh, ketika milisi merebut beberapa wilayah negara itu.

“Pertemuan dengan Houthi ditujukan untuk memperkuat pandangan kami bahwa hanya akan ada satu solusi politik bagi konflik di Yaman dan bagi semua pihak, termasuk Houthi,” tutur Harf.

“Harus berpartisipasi dalam proses politik yang dipimpin PBB,” ia melanjutkan, sebab pertemuan Patterson  tersebut difokuskan untuk mengajak berbagai kalangan politik untuk menghadiri perundingan yang direncanakan di Jenewa.

Konferensi di Jenewa awalnya dijadwalkan pada 28 Mei namun ditunda setelah PBB gagal membujuk pihak-pihak yang berperang untuk hadir dalam konferensi tersebut. (AFP/Ant).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home