Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 20:21 WIB | Jumat, 13 November 2015

AS Pertimbangkan Zona Larangan Terbang Perangi ISIS

Jenderal AS John Allen (Foto: Reuters)

AMERIKA SERIKAT, SATUHARAPAN.COM – “Amerika Serikat harus mempertimbangkan semua langkah termasuk zona larangan terbang dalam memerangi kelompok ISIS,” Jenderal John Allen, utusan khusus AS untuk koalisi perlawanan kelompok militan di Irak dan Suriah, mengatakan kepada CNN, pada hari Kamis (12/11).

"Kita harus mempertimbangkan semua langkah-langkah," kata Allen ketika ditanya tentang kemungkinan zona larangan terbang di Suriah.

Turki, sekutu AS dan NATO,  telah lama berkampanye untuk zona larangan terbang di Suriah utara untuk menghalangi ISIS dan militan Kurdi dari perbatasan. Hal itu juga dimaksudkan membantu membendung gelombang warga sipil yang mencoba mengungsi.

Ide ini tidak mendapat dukungan dari Presiden Barack Obama. Allen, pensiunan jenderal bintang empat  yang akan mengundurkan diri tahun ini, mengatakan tujuan zona tersebut harus dipertimbangkan dengan cermat, mengingat kompleksitas, kerumitan, sumber daya tambahan, serta biaya harus signifikan.

Pada briefing di Gedung Putih bulan lalu, juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, mengatakan zona larangan terbang tidak sedang dipertimbangkan pada saat itu.

Pekerjaan Allen sebagai utusan khusus, yang sudah dijabatnya sejak September lalu, termasuk mengumpulkan koalisi pimpinan AS yang telah melakukan serangan udara terhadap pejuang ISIS di Suriah dan Irak. (feb/ahram.org)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home