Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 22:36 WIB | Sabtu, 30 Mei 2015

AS Resmi Cabut Kuba dari Daftar Sponsor Terorisme

Sebuah sudut di kota Havana, Kuba.(Foto: Desmond Boylan/AP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Amerika Serikat (AS) pada Jumat (29/05) mencoret Kuba dari daftar negara sponsor terorisme, dalam sebuah langkah penting yang bertujuan membuka jalan menuju pemulihan hubungan yang membeku selama separuh abad.

Presiden AS Barack Obama memberitahukan kepada Kongres sebelumnya pada tahun ini bahwa dia akan menghapus Havana dari daftar tersebut, memberikan waktu selama 45 hari kepada anggota Kongres untuk menyampaikan keberatan, yang batas waktunya adalah Jumat.

Saat ini Menteri Luar Negeri John Kerry “membuat keputusan final untuk mencabut status Kuba sebagai negara sponsor terorisme, berlaku pada hari ini 29 Mei 2015,” kata Kementerian Luar Negeri.

“Penghapusan status Kuba sebagai negara sponsor terorisme menunjukkan penilaian kami bahwa Kuba memenuhi kriteria resmi untuk penghapusan status tersebut,” menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri.

“Meskipun AS memiliki kekhawatiran signifikan dan ketidaksepakatan atas berbagai kebijakan dan tindakan Kuba, hal ini berada di luar kriteria terkait pencabutan status negara sponsor terorisme.”

Keputusan itu menandakan bahwa Kuba saat ini akan memiliki akses lebih baik ke sejumlah fasilitas perbankan dan bantuan AS, serta menghapus stigma internasional yang sudah lama pihaknya anggap sebagai tidak berdasar dan adil.(AFP)

 

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home