Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 15:58 WIB | Jumat, 21 Maret 2014

AS: “Rusia Tak akan Serang Ukraina Timur”

Juru bicara Pentagon, Laksamana Muda John Kirby. (Foto: india.com)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM – Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, dalam pembicaraan telepon dengan Menhan Amerika Serikat Chuck Hagel, mengatakan  Moskow tidak akan menyerang wilayah timur Ukraina.

Juru bicara Pentagon Laksamana Muda John Kirby kepada para wartawan, Kamis (20/3) mengemukakan bahwa  Shoigu menjamin pasukan Rusia di sepanjang perbatasan “hanya melakukan latihan dan tidak berniat memasuki perbatasan Ukraina.”

Kirby juga mengutip Shoigu yang mengatakan pasukan Rusia tidak akan melakukan aksi agresif.

Menteri pertahanan AS juga menanyakan berapa lama “latihan” militer itu akan dilangsungkan namun Shoigu “tidak memiliki kerangka waktu yang pasti soal itu,” kata Kirby.

Shoigu berjanji bahwa Rusia tidak akan mengirimkan pasukan ke wilayah timur Ukraina.

Janji Moskow kepada Washington itu disampaikan ketika Ukraina memperingatkan bahwa pihaknya akan membalas dengan aksi militer jika Rusia berupaya mencaplok wilayah-wilayah timur  yang sebagian besar dihuni oleh penduduk berbahasa Rusia.

Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen mengatakan, Rabu, persekutuan itu khawatir bahwa Rusia kemungkinan akan terus maju dari Krimea ke Ukraina bagian timur.

Sementara itu Hagel, kepada Menlu Rusia tersebut mendesak agar Rusia menurunkan ketegangan dan mengembalikan kesatuan wilayah Ukraina. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home