Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:53 WIB | Selasa, 08 Februari 2022

AS Tawarkan Hadian US$ 10 Juta untuk Tangkap Pemimpin ISIS-K di Afghanistan

(Foto: dok. Twitter)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat menawarkan hadiah sebesar US$ 10 juta untuk setiap informasi tentang keberadaan pemimpin ISIS-K, Sanuallah Ghafari, kata pengumuman Departemen Luar Negeri AS pada hari Senin (7/2).

Ghafari dikatakan telah ditunjuk oleh ISIS untuk memimpin kelompok afiliasi regionalnya pada Juni 2020. "Ghafari bertanggung jawab untuk menyetujui semua operasi ISIS-K di seluruh Afghanistan dan mengatur pendanaan untuk melakukan operasi," kata Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataan.

Dia dimasukkan dalam daftar oleh AS sebagai Teroris Global yang Ditunjuk Khusus pada November 2021.

Sementara itu, AS juga menawarkan hadiah jutaan dolar untuk setiap informasi yang mengarah pada penangkapan mereka yang bertanggung jawab atas ledakan pada bulan Agustus 2021 di bandara Kabul, Afghanistan. Serangan ISIS-K itu menewaskan 13 anggota pasukan AS dan lebih dari 170 warga Afghanistan selama penarikan kacau yang diperintahkan oleh Presiden Joe Biden.

Agustus lalu, serangan yang diklaim oleh ISIS-K melukai 150 orang lainnya, termasuk anggota militer AS. Pekan lalu, jenderal tinggi militer AS untuk Timur Tengah menyuarakan keprihatinan atas ISIS-K dan ancaman yang ditimbulkannya terhadap Afghanistan dan kawasan.

Tetapi setelah keputusan Biden untuk mengakhiri misi militer AS di Afghanistan, pasukan Amerika telah kehilangan bagian integral dari kemampuan mereka untuk memerangi terorisme yang berasal dari Afghanistan dan negara-negara tetangga.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home