Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:26 WIB | Senin, 07 Februari 2022

Tokoh Israel dan Palestina Ajukan Proposan Konfederasi Kedua Negara

Tokoh Israel dan Palestina Ajukan Proposan Konfederasi Kedua Negara
Yossi Beilin, mantan pejabat senior Israel dan perunding perdamaian yang ikut mendirikan Inisiatif Jenewa, berfoto di rumahnya di Tel Aviv, Israel, hari Minggu, 6 Februari 2022. Tokoh publik Israel dan Palestina, termasuk Beilin dan Hiba Husseini, mantan penasihat hukum tim perunding Palestina yang berasal dari keluarga terkemuka Yerusalem, telah menyusun proposal baru untuk konfederasi dua negara yang mereka harap akan menawarkan jalan ke depan setelah kebuntuan selama satu dekade dalam upaya perdamaian Timur Tengah. (Foto: AP)
Tokoh Israel dan Palestina Ajukan Proposan Konfederasi Kedua Negara
Bendera Israel berkibar saat di Givat Eviatar, pos pemukim baru Israel di Tepi Barat yang diduduki Israel pada 23 Juni 2021. (Foto: dok. Reuters )

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Tokoh masyarakat Israel dan Palestina telah menyusun proposal baru untuk membentuk konfederasi bagi dua negara yang mereka, dan berharap menawarkan jalan ke depan setelah kebuntuan selama satu dekade dalam upaya perdamaian Timur Tengah.

Rencana tersebut mencakup beberapa proposal kontroversial, dan tidak jelas apakah ada dukungan di antara para pemimpin di kedua sisi. Tapi itu bisa membantu membentuk perdebatan tentang konflik dan akan dipresentasikan kepada seorang pejabat senior Amerika Serikat dan sekretaris jenderal PBB pekan ini.

Rencana tersebut menyerukan negara Palestina merdeka di sebagian besar Tepi Barat, Gaza dan Yerusalem timur, wilayah yang direbut Israel dalam perang Timur Tengah 1967. Israel dan Palestina akan memiliki pemerintahan yang terpisah tetapi berkoordinasi pada tingkat yang sangat tinggi dalam hal keamanan, infrastruktur, dan masalah lain yang memengaruhi kedua populasi.

Rencana tersebut akan memungkinkan hampir 500.000 pemukim Yahudi di Tepi Barat yang diduduki untuk tetap di sana, dengan pemukiman besar di dekat perbatasan yang dianeksasi ke Israel dalam pertukaran tanah satu lawan satu.

Pemukim yang tinggal jauh di dalam Tepi Barat akan diberikan pilihan untuk pindah atau menjadi penduduk tetap di negara Palestina. Jumlah orang Palestina yang sama, kemungkinan pengungsi dari perang tahun 1948 seputar pembentukan Israel, akan diizinkan untuk pindah ke Israel sebagai warga Palestina dengan tempat tinggal permanen di Israel.

Inisiatif ini sebagian besar didasarkan pada Kesepakatan Jenewa, rencana perdamaian yang terperinci dan komprehensif yang dibuat pada tahun 2003 oleh orang-orang Israel dan Palestina terkemuka, termasuk mantan pejabat. Rencana konfederasi hampir 100 halaman itu mencakup rekomendasi baru yang terperinci tentang cara mengatasi masalah inti.

Yossi Beilin, mantan pejabat senior Israel dan perunding perdamaian yang ikut mendirikan Inisiatif Jenewa, mengatakan bahwa dengan mengambil evakuasi massal pemukim dalam perundingan, rencana itu bisa lebih disetujui oleh mereka.

Sistem politik Israel didominasi oleh pemukim dan pendukung mereka, yang memandang Tepi Barat sebagai jantung alkitabiah dan sejarah orang-orang Yahudi dan bagian integral dari Israel.

Orang-orang Palestina memandang permukiman itu sebagai hambatan utama bagi perdamaian, dan sebagian besar masyarakat internasional menganggapnya ilegal. Para pemukim yang tinggal jauh di dalam Tepi Barat, yang kemungkinan akan berakhir di perbatasan negara Palestina di masa depan, adalah di antara yang paling radikal dan cenderung menentang pembagian teritorial apa pun.

"Kami percaya bahwa jika tidak ada ancaman konfrontasi dengan para pemukim, akan lebih mudah bagi mereka yang menginginkan solusi dua negara," kata Beilin. Idenya telah dibahas sebelumnya, tetapi dia mengatakan sebuah konfederasi akan membuatnya lebih “layak.”

Masih banyak hal lain yang mencuat, termasuk keamanan, kebebasan bergerak dan mungkin yang paling kritis setelah bertahun-tahun kekerasan dan negosiasi yang gagal, dan kurangnya kepercayaan.

Kementerian Luar Negeri Israel dan Otoritas Palestina menolak berkomentar atas proposal itu.

Tokoh utama Palestina di balik inisiatif tersebut adalah Hiba Husseini, mantan penasihat hukum tim perunding Palestina sejak 1994 yang berasal dari keluarga terkemuka Yerusalem.

Dia mengakui bahwa proposal mengenai pemukim "sangat kontroversial" tetapi mengatakan rencana keseluruhan akan memenuhi aspirasi inti Palestina untuk negara mereka sendiri.

"Itu tidak akan mudah," tambahnya. “Untuk mencapai status kenegaraan dan untuk mencapai hak penentuan nasib sendiri yang diinginkan yang telah kami kerjakan, sejak 1948, sungguh, kami harus membuat beberapa kompromi.”

Masalah-masalah sulit seperti klaim yang saling bertentangan atas Yerusalem, perbatasan akhir, dan nasib para pengungsi Palestina bisa lebih mudah ditangani oleh dua negara dalam konteks konfederasi, daripada pendekatan tradisional yang mencoba menyelesaikan semua detail sebelum kesepakatan akhir. “Kami membalikkan proses dan memulai dengan pengakuan,” kata Husseini.

Sudah hampir tiga dekade sejak para pemimpin Israel dan Palestina berkumpul di halaman Gedung Putih untuk menandatangani persetujuan Oslo, meluncurkan proses perdamaian. Beberapa putaran pembicaraan selama bertahun-tahun, diselingi oleh ledakan kekerasan, gagal menghasilkan kesepakatan akhir, dan tidak ada negosiasi serius atau substantif dalam lebih dari satu dekade.

Perdana Menteri Israel saat ini, Naftali Bennett, adalah mantan pemimpin pemukim yang menentang negara Palestina. Menteri Luar Negeri Yair Lapid, yang akan mengambil alih sebagai perdana menteri pada tahun 2023 di bawah perjanjian rotasi, mendukung solusi dua negara.

Namun keduanya kemungkinan besar tidak akan dapat meluncurkan inisiatif besar apa pun karena mereka memimpin koalisi sempit yang mencakup spektrum politik dari faksi nasionalis garis keras hingga sebuah partai kecil Arab.

Di pihak Palestina, otoritas Presiden Mahmoud Abbas terbatas pada bagian Tepi Barat yang diduduki, dengan kelompok militan Hamas, yang tidak menerima keberadaan Israel, memerintah Gaza. Masa jabatan presiden Abbas berakhir pada 2009 dan popularitasnya telah anjlok dalam beberapa tahun terakhir, yang berarti dia tidak mungkin dapat membuat kompromi bersejarah.

Ide solusi dua negara adalah untuk memberikan Palestina sebuah negara merdeka, sementara membiarkan Israel eksis sebagai negara demokrasi dengan mayoritas Yahudi yang kuat. Namun, perluasan permukiman Israel yang berkelanjutan, tidak adanya proses perdamaian, dan putaran kekerasan yang berulang, telah sangat memperumit harapan untuk membagi tanah tersebut.

Masyarakat internasional masih memandang solusi dua negara sebagai satu-satunya cara yang realistis untuk menyelesaikan konflik. Tetapi situasinya berubah, terutama di kalangan anak muda Palestina, yang semakin memandang konflik sebagai perjuangan untuk persamaan hak di bawah apa yang mereka, dan tiga kelompok hak asasi manusia terkemuka, katakan sebagai rezim apartheid.

Israel dengan keras menolak tuduhan itu, memandangnya sebagai serangan anti semit terhadap haknya untuk eksis. Lapid telah menyarankan bahwa menghidupkan kembali proses politik dengan Palestina akan membantu Israel melawan segala upaya untuk mencapnya sebagai negara apartheid di badan-badan dunia.

Pekan depan, Beilin dan Husseini akan mempresentasikan rencana mereka kepada Wakil Menteri Luar Negeri AS, Wendy Sherman, dan Sekretaris Jenderal PBB ,Antonio Guterres. Beilin mengatakan mereka telah berbagi draf dengan pejabat Israel dan Palestina.

Beilin mengatakan dia mengirimkannya ke orang-orang yang dia tahu tidak akan menolaknya begitu saja. “Tidak ada yang menolaknya. Itu tidak berarti bahwa mereka menerimanya.”

“Saya tidak mengirimnya ke Hamas,” tambahnya, bercanda. “Saya tidak tahu alamat mereka.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home