Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 18:27 WIB | Minggu, 01 November 2015

AS Umumkan Bantuan untuk Oposisi Suriah Rp 1,38 Triliun

Wakil Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. (Foto: ndtv.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Amerika Serikat pada hari Sabtu (31/10) mengumumkan bantuan yang nilainya mencapai hampir 100 juta dolar Amerika (sekitar Rp 1,38 triliun) untuk oposisi Suriah guna menjalankan tugas-tugas seperti mendukung dewan lokal dan aktivis masyarakat sipil.

Menurut Kementerian Luar Negeri, angka tersebut membawa total bantuan mencapai hampir 500 juta dolar Amerika (sekitar Rp 6,89 triliun) yang dijanjikan AS untuk oposisi Suriah sejak 2002 silam.

Janji terbaru itu diumumkan Wakil Menteri Luar Negeri Antony Blinken dalam sebuah forum keamanan regional Manama Dialogue di Bahrain.

“Bantuan AS diperuntukkan agar sekolah-sekolah tetap dibuka bagi anak-anak Suriah; memulihkan akses untuk infrastruktur air dan listrik; mendukung media independen dan masyarakat sipil untuk meminta pertanggungjawaban pemerintah lokal mereka, dan membangun kapasitas oposisi moderat dalam memainkan peran di masa depan Suriah yang menghormati HAM serta aturan hukum,” kata kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan.

Bantuan itu diumumkan sehari setelah AS mengungkapkan bahwa mereka telah mengirim puluhan pasukan operasi khusus ke Suriah untuk membantu pasukan yang memerangi kelompok ISIS. (AFP/Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home