Loading...
DUNIA
Penulis: Dany Brakha 10:16 WIB | Sabtu, 27 April 2013

AS Usut Penggunaan Senjata Kimia Kubu Assad

Penduduk yang menjadi korban senjata penggunaan senjata kimia dalam perang di Suriah. (foto; worldnews.nbcnews.com)

DAMASKUS, SATUHARAPAN.COM - Intelejen Amerika Serikat (AS) meyakini investigasi mengenai penggunaan senjata kimia dalam perang di kota Khan Al-Asal mengarah pada kubu Assad. Dalam pertempuran pekan lalu (19/04), senjata kimia diperkirakan telah menelan nyawa belasan orang dan menyebabkan puluhan lainnya mengalami kritis.

Keyakinan ini didasarkan pada surat dari Asisten Presiden AS Miguel E. Rodriguez yang dikirimkan kepada Senator Carl Levin (25/04) mengenai pertanyaan Presiden Barrack Obama tentang bagaimana penggunaan senjata kimia di Suriah sejak 2011.

Dalam surat itu dikatakan dugaan kuat bahwa berdasarkan sempel fisik yang diperoleh, tentara Assad mengunakan zat kimia jenis sarin. Presiden Obama mengatakan bahwa negeri Paman Sam itu mempunyai tanggung jawab untuk mencari tahu mengenai peredaran senjata kimia itu terkait dengan teroris.

Dinyatakan dalam surat itu bahwa AS dan komunitas internasional merasa prihatin atas parahnya krisis Suriah. Kami merasa perlu memberikan bantuan kemanusiaan dan dukungan kepada para pejuang pembebasan Suriah di tengah perubahan konstelasi politik seperti yang rakyat inginkan.

Terkait hal ini Rusia yang menjadi pendukung Pemerintah Assad menyerukan untuk mengusut peredaran senjata kimia dalam konflik Suriah. Senada dengan itu Inggris dan Prancis juga akan melihat kembali pendekatan mereka kepada kelompok pembebasan Suriah.

Editor : Yan Chrisna


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home