Loading...
DUNIA
Penulis: Bob H. Simbolon 18:39 WIB | Senin, 25 Juli 2016

ASEAN-Korsel Kerja Sama Perdamaian, Kesejahteraan dan Kemajuan

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L.P Marsudi. (Foto: Bob H. Simbolon)

VIENTIANE, SATUHARAPAN.COM - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L.P Marsudi meminta agar negara-negara di kawasan ASEAN dan Korea Selatan berbagi visi bersama untuk perdamaian (shared peace), kesejahteraan (shared prosperity) dan kemajuan (shared progress) sebagai dasar kerja sama strategis.
 
"Keprihatinan terhadap situasi di Semenanjung Korea dengan adanya uji coba kembali rudal oleh Korea Utara baru-baru ini yang tidak sejalan dengan resolusi Dewan Keamanan PBB. Semua pihak diminta untuk saling menahan diri dan menghormati hukum internasional serta kembali memulai perundingan damai dan melanjutkan Six Party Talks," kata dia dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (AMM) di Vientiane, Laos pada hari Senin (25/7).

Dia juga mendorong untuk mencapai kesejahteraan bersama perlu ada upaya bersama dalam meningkatkan konektivitas, kerja sama antara pihak swasta dan UKM, khususnya bagi ekonomi kreatif dan memanfaatkan kehadiran ASEAN-Korean Centre untuk mempromosikan perdagangan, investasi, pariwisata serta hubungan antar masyarakat.

"ASEAN saat ini adalah mitra dagang kedua terbesar bagi Korea Selatan, sementara Korea adalah peringkat kelima partner ekonomi ASEAN," kata dia.

Sementara untuk kemajuan bersama, kerja sama budaya dan hubungan antar masyarakat menjadi poin penting dalam hubungan ASEAN-Korea di antaranya melalui “2017 ASEAN-ROK Cultural Exchange” dan “ASEAN Culture House in Busan" menjadi highlight upaya peningkatan pemahaman kebudayaan ASEAN dengan Korea Selatan.

“Kedua pihak dapat saling menambah jumlah peserta pertukaran pemuda untuk dapat terus meningkatkan pemahaman bersama."

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home