Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 14:32 WIB | Kamis, 18 September 2014

Asian Games 2014, Indonesia Gilas Maladewa 0-4

Tim nasional Indonesia U-23 yang berlaga di Asian Games 2014, Incheon, Korea Selatan. Dari kiri: (berdiri) Alfin Ismail Tuasalamony, Victor Chukwuekezie Igbonefo, Yandi Sofyan Munawar, Andritany Ardhiyasa, Dedi Kusnandar, (bawah) Manahati Lestusen, Bayu Gatra Sanggiawan, Rasyid Assahid Bakri, Syakir Sulaiman, Novri Setiawan, Fandi Eko Utomo. (Foto: official Twitter @PSSI_FAI)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Tim nasional Indonesia di bawah usia 23 tahun (U-23) berhasil menggilas Maladewa U-23 dengan skor 0-4, dalam pertandingan kedua cabang sepak bola Grup E Asian Games 2014 di Stadion Incheon Football, Incheon, Korea Selatan, Kamis (18/9).

Dengan hasil ini, Indonesia dipastikan lolos ke fase selanjutnya karena telah mengemas enam poin hasil dari dua kemenangan.

Ramdani Lestaluhu membuka keran gol Indonesia U-23 pada menit 12. Berawal dari sisiran Fandi Eko di sisi kanan pertahanan Maladewa U-23, ia pun melepaskan umpan silang yang mengarah kepada Ramdani. Pemain Persija Jakarta itu pun lolos dari kawalan pemain lawan setelah lari membelah barisan bek Maladewa. Tanpa ragu tendangan keras dilesakkan Ramdani itu tanpa mampu dihalau kiper Maladewa, Jazlaan Mohamed.

Jelang babak pertama bersisa lima menit kendali permainan dipegang Indonesia. Pemain belakang Maladewa Arif Mohamed hampir membahayakan timnya sendiri saat coba memotong umpan silang Ramdani, beruntung bola yang mengarah ke gawang masih bisa dihalau kiper. Menit 39 gawang Maladewa bahkan kembali jebol oleh Fandi Eko, sayang pemain Persebaya Surabaya itu sudah dinilai offside.

Di menit ke-40, Maladewa U-23 mencoba bangkit lewat serangan balik, umpan ke kotak penalti dari pemain belakang disambar oleh Mohamed Hamza dengan kepala. Namun kesigapan Andritany melakukan penyelamatan membuat gawang Indonesia tetap perawan.

Jelang turun minum Fandi Eko melepaskan dua tembakkan keras yang merepotkan Jazlaan. Meski demikian, paruh pertama tetap berakhir 1-0 untuk keunggulan tim asuhan Aji Santoso.

Hingga turun minum kedudukan tetap 0-1 untuk keunggulan Indonesia.

Babak Kedua

Babak kedua sepenuhnya dikuasai Indonesia U-23. Baru berjalan tiga menit, Ferdinand Sinaga berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Penyerang milik Persib Bandung itu dengan dingin mengeksekusi bola di kotak penalti, setelah sebelumnya menerima umpan Ramdani Lestaluhu.

Sembililan menit kemudian, giliran Bayu Gatra yang memperlebar keunggulan Indonesia. Pemain Pusam Samarinda itu melesakkan tendangan keras yang bersarang di sudut kanan atas gawang Maladewa.

Unggul 3-0, Indonesia U-23 tidak mengendurkan serangan. Di menit ke-80, Ferdinand Sinaga melanjutkan pesta gol di gawang Maladewa U-23 lewat titik putih yang didapat setelah wasit melihat Alfin Tuasalamony diganjal di dalam kotak terlarang.

Ferdinand pun sukses mengelabui Mohamed Jazlan yang hanya melihat bola masuk ke dalam jalanya. Indonesia U-23 unggul 0-4.

Skor 0-4 ini pun berakhir hingga wasit meniup pluit panjang tanda pertandingan berakhir. Di pertandingan selanjutnya, Indonesia U-23 akan berjumpa Thailand U-23 pada Senin (22/9). Thailand U-23 sendiri baru melakoni laga keduanya di Asian Games 2014 hari ini, Kamis (18/9), pukul 18.00 WIB, menghadapi Timor Leste U-23.

Sepak bola adalah kompetisi pertama yang berlangsung di Asian Games 2014 Incheon, Korea Selatan. Asian Games 2014 sendiri akan dibuka dengan pesta pembukaan secara formal pada hari Jumat (19/9).

Susunan pemain (Maladewa U-23 vs Indonesia U-23)

Maladewa U-23: Mohamed Jazlan (penjaga gawang), Ahmed Numaan, Samdhooh Mohamed, Amdhan Ali, Mohamed Arif, Asadulla Abdulla (kapten) (Imaaz ‘82), Hassan Shifaz (Muslih ’45), Shafiu Ahmed, Hamza Mohamed (Hussain ‘56), Moosa Yaamin, Mohammed Irufaan

Cadangan: Mujuthaaz, Ibrahim, Yasfaadh, Shareef, Saaif, Haseeb

Pelatih: Mamic Drago

Indonesia U-23: Andritany Ardhiyasa (penjaga gawang) (Teguh ’65), Alfin Tuasalamony (Syaiful ’81), Manahati Lestusen, Victor Igbonefo, Dany Saputra, Ahmad Jufriyanto, Dedi Kusnandar (kapten) Bayu Gatra, Fandi Eko Utomo, Ramdani Lestaluhu (Rasyid ’79), Ferdinand Sinaga.

Cadangan: Zaenuri, Syakir, Yandi, Riz Pellu, Novri, Aldaier

Pelatih: Aji Santoso

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home