Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:12 WIB | Rabu, 18 Juni 2014

Australia akan Umumkan Zona Baru Pencarian MH370

Awak Ocean Shield memindahkan robot bawah laut Bluefin-21 untuk diluncurkan di selatan Samudera Hindia untuk mencari pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH370, namun tidak memberikan hasil. (Foto: ibtimes.com/Reuters/Australian Defence Force)

SYDNEY, SATUHARAPAN.COM - Pejabat Australia pada hari Rabu  (18/6) mengatakan akan mengumumkan zona pencarian baru untuk menemukan pesawat Malaysia Airlines MH370 pada akhir bulan, saat melanjutkan pemetaan dasar laut Samudera Hindia.

Pesawat tersebut hilang pada 8 Maret saat terbang dari Kuala Lumpur menuju Beijing dan meski sudah mencari dari pemantauan udara dan laut secara besar-besaran tidak ada tanda-tanda pesawat yang membawa 239 penumpang itu akan ditemukan.

Penyelidikan bawah laut ke dasar Samudera Hindia, tempat terdapatnya sinyal akustik yang pada saat itu dianggap berasal dari perekam kotak hitam pesawat, kabarnya juga sia-sia.

Joint Agency Coordination Centre (Badan Pusat Koordinasi/JACC) Australia mengatakan analisis satelit dan data lain untuk menentukan area pencarian bawah laut tahap berikutnya akan segera disimpulkan

“Area pencarian akan dikonfirmasikan sebelum akhir Juni, setelah menyelesaikan analisis kolaboratif yang serius oleh sejumlah ahli,” katanya dalam sebuah pernyataan.

“Sudah jelas dari hasil sementara analisis tersebut bahwa zona pencarian akan dipindah, namun masih berada di lengkungan ketujuh (tempat pesawat itu terakhir kali berkomunikasi dengan satelit).”

Pencarian terhambat akibat kurangnya informasi, dengan sejumlah ahli memaparkan jalur penerbangan yang paling mungkin dari pesawat itu berdasarkan sinyal antara pesawat tersebut dan satelit Inmarsat. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home