Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:19 WIB | Sabtu, 10 September 2022

Australia Beri Penghormatan pada Mendiang Ratu Elizabeth

Gambar Ratu Elizabeth dari Inggris tampil di layar Sydney Opera House, setelah kematian Ratu, di Sydney, Australia, hari Jumat, 9 September 2022. (Foto: Reuters)

SYDNEY, SATUHARAPAN.COM-Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, memberikan penghormatan kepada Ratu Inggris Elizabeth setelah upacara peletakan karangan bunga di Gedung Parlemen di Canberra pada hari Sabtu (10/9), dengan mengatakan bahwa warga Australia sedang berduka atas "kehilangan besar".

Albanese, Gubernur Jenderal David Hurley dan pejabat lainnya meletakkan karangan bunga di kaki patung perunggu Ratu Elizabeth di Queen's Terrace parlemen.

Ratu, yang meninggal pada hari Kamis (8/9) dalam usia 96 tahun, mendirikan patung perunggu dirinya pada tahun 1988 selama kunjungan untuk membuka gedung parlemen baru negara itu.

Berbicara setelah upacara, yang dilakukan dalam keheningan, Albanese mengatakan bahwa refleksi Raja Charles tentang mendiang ibunya “sangat pas”.

“Begitu banyak orang Australia telah memberikan penghormatan yang mengharukan dan berduka atas kehilangan yang sangat besar ini,” tambahnya.

Raja Inggris adalah kepala negara di Australia, di antara 14 kerajaan di luar Inggris, meskipun perannya sebagian besar seremonial.

Ada curahan penghormatan di Australia sejak kematian Ratu, yang merupakan raja terlama memerintah Inggris dan tokoh bangsa selama tujuh dekade.

Sebagai tanda penghormatan, bendera Australia dikibarkan setengah tiang dan pada hari Jumat penghormatan 96 tembakan, satu putaran untuk setiap tahun kehidupan Ratu, berlangsung di halaman depan Gedung Parlemen. Sebuah potret raksasa Ratu ditampilkan di layar Sydney Opera House.

Albanese, yang sebelumnya berbicara mendukung gerakan menuju republik, mengatakan pada Jumat malam dia berbicara dengan Perdana Menteri Inggris, Liz Truss, tentang kedalaman kesedihan di kedua negara.

Ratu Elizabeth mengunjungi Australia 16 kali selama masa pemerintahannya, dengan kunjungan pertama pada tahun 1954 dan terakhir pada tahun 2011. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home