Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:00 WIB | Sabtu, 10 September 2022

Ratu Elizabeth II Bertemu dengan Setiap Presiden AS, Kecuali…

Ratu Elizabeth II Bertemu dengan Setiap Presiden AS, Kecuali…
Presiden AS, Ronald Reagan, di Centennial, dan Ratu Elizabeth II, di Burma, menunggang kuda di halaman Kastil Windsor, Inggris, 8 Juni 1982. Ratu Elizabeth II, ratu terlama yang memerintah Inggris dan batu stabilitas di seluruh sebagian besar abad yang penuh gejolak, meninggal Kamis, 8 September 2022, setelah 70 tahun di atas takhta. Dia berusia 96 tahun. (Foto: dok.AP/Bob Daugherty).
Ratu Elizabeth II Bertemu dengan Setiap Presiden AS, Kecuali…
Ratu Elizabeth II, dan Presiden AS Barack Obama menghadiri jamuan makan kenegaraan di Istana Buckingham, London, 24 Mei 2011. (Foto: dok.AP/Lewis Whyld/pool)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Ratu Elizabeth II menunggang kuda bersama Ronald Reagan. Berlayar dengan Bill Clinton. Menyeruput teh bersama Joe Biden.

Ratu Elizabeth II, yang meninggal hari Kamis (8/9) pada usia 96, telah bertemu dengan setiap presiden Amerika sejak Dwight Eisenhower, kecuali Lyndon Johnson, yang tidak mengunjungi Inggris selama masa kepresidenannya. Biden adalah presiden AS ke-13 dan terakhir yang bertemu dengan perempuan yang pemerintahannya berlangsung selama tujuh dekade.

Setiap mantan presiden AS yang masih hidup, Jimmy Carter, Bill Clinton, George W. Bush, Barack Obama, dan Donald Trump, bergabung dengan Biden dalam berduka atas kepergiannya dan mengirimkan belasungkawa kepada keluarganya.

Biden dan ibu negara Jill Biden mengatakan "warisan ratu akan tampak besar di halaman sejarah Inggris, dan dalam kisah dunia kita."

Obama dan istrinya, Michelle, mengenang sang ratu menyambut mereka, presiden dan ibu negara kulit hitam pertama Amerika, ke panggung dunia “dengan tangan terbuka dan kemurahan hati yang luar biasa.”

Biden pertama kali bertemu ratu pada tahun 1982 sebagai senator AS yang bepergian di Inggris dengan delegasi dari Kongres. Dia terakhir melihatnya pada tahun 2021, beberapa bulan setelah dia menjadi presiden, saat menghadiri pertemuan puncak para pemimpin dunia di Inggris barat daya.

Dia berbaur dengan para pemimpin Kelompok Tujuh (G7) di sebuah resepsi yang dia dan bangsawan lainnya selenggarakan di hutan hujan dalam ruangan. Setelah pertemuan puncak, keluarga Biden pergi ke Kastil Windsor, dekat London, atas undangan ratu untuk audiensi pribadi.

Ratu adalah seorang putri berusia 25 tahun ketika dia datang ke Washington pada tahun 1951 dan tinggal bersama Presiden Harry Truman dan keluarganya. Dia bertemu Herbert Hoover pada tahun 1957, lebih dari 20 tahun setelah dia meninggalkan kantor.

Berikut adalah sorotan dari beberapa pertemuannya, di kedua sisi, dengan presiden Amerika masa lalu:

Joe Biden

Biden dan kacamata hitam penerbang khasnya bertemu dengan ratu di Kastil Windsor pada sore yang terik pada Juni 2021.

Biden muncul dari mobil hitam dengan mengenakan kacamata hitamnya, melangkah ke mimbar tertutup tempat sang ratu menunggu, dan, bersama istrinya, berpose dengan sang ratu saat lagu kebangsaan kedua negara dimainkan.

Setelah berjalan di sekitar halaman untuk memeriksa penjaga kehormatan, dia memasuki kastil untuk minum teh.

Kembali di bandara, Biden mengatakan kepada wartawan bahwa sang ratu “sangat ramah” dan telah bertanya kepadanya tentang para pemimpin China dan Rusia.

Meskipun umumnya tidak disukai untuk membahas pembicaraan pribadi seseorang dengan ratu, Biden melanjutkan. "Saya tidak berpikir dia akan dihina, tetapi dia mengingatkan saya pada ibu saya," katanya.

Biden mengatakan dia juga telah mengundang ratu untuk mengunjungi Gedung Putih.

Donald Trump

Trump dan ratu bertemu pada Juli 2018 di Kastil Windsor selama kunjungan ke Inggris yang memicu protes besar anti Trump ke pusat kota London, termasuk pengibaran balon yang menggambarkan Trump dalam popok.

Dia dikritik karena melanggar protokol dengan berjalan sebentar di depan ratu, bukannya di sampingnya, dan memunggungi dia saat mereka meninjau penjaga kehormatan.

Trump kemudian mengatakan dia memikirkan mendiang ibunya, Mary Anne, yang lahir di Skotlandia dan yang mencintai keluarga kerajaan, ketika dia dan istrinya, Melania, menyeruput teh bersama sang ratu.

Komentar Trump selanjutnya bahwa sang ratu mengatakan kepadanya bahwa Brexit, perpisahan Inggris dari Uni Eropa, rumit juga menciptakan kegemparan. Sebagian besar kepala negara tidak mengungkapkan percakapan pribadi mereka dengan ratu. Dia juga tidak membahas masalah politik.

Keluarga Trump dan keluarga kerajaan bertemu lagi saat peringatan D-Day pada 2019.

Barack Obama

Obama dan ratu mengadakan pertemuan pertama dari tiga pertemuan pada April 2009 di sebuah resepsi bagi para pemimpin dunia yang menghadiri KTT Kelompok negara 20 (G20) di London.

Di sanalah ibu negara Michelle Obama melanggar protokol dengan secara singkat melingkarkan lengan di punggung ratu saat mereka bersimpati tentang kaki mereka yang sakit. Biasanya tidak boleh menyentuh ratu, tetapi dia membalas isyarat Nyonya Obama.

Ratu mengundang keluarga Obama untuk kunjungan kenegaraan pada tahun 2011 yang termasuk menginap dua malam di Istana Buckingham dan jamuan makan mewah untuk menghormati presiden.

Saat Obama bersulang untuk sang ratu, dia tidak ketinggalan ketika band berasumsi bahwa jeda dalam sambutannya berarti dia telah menyimpulkan dan meluncurkan lagu "God Save the Queen." Obama terus berbicara tentang musik sampai band tenang.

Pasangan itu bertemu lagi pada tahun 2016 ketika Obama mengunjungi ratu di Kastil Windsor sehari setelah ulang tahunnya yang ke-90 selama kunjungan lain melalui Eropa.

George W Bush

 

Bush membenci urusan formal yang pengap, tetapi dia mengenakan tuksedo dasi-dan-ekor putih setelah ratu menarik semua perhentian untuk makan malam kenegaraan untuk menghormatinya di Istana Buckingham pada November 2003.

Beberapa tahun kemudian, kelicikan Bush menimbulkan riak tawa pada upacara penyambutan Gedung Putih untuk sang ratu, yang ... sebagai tur AS pada Mei 2007.

Tersandung pada satu baris dalam pidatonya, Bush mengatakan ratu telah makan malam dengan beberapa pendahulunya dan telah membantu Amerika Serikat "merayakan dua abad di 17-..." Bush menangkap dirinya sendiri dan mengoreksi tanggal untuk 1976, dan berhenti untuk melihat jika dia tersinggung.

"Dia memberi saya pandangan yang hanya bisa diberikan seorang ibu kepada saya," kata Bush sambil tersenyum.

Sang ratu kemudian membalikkan keadaan pada Bush dengan roti panggangnya saat makan malam yang dia selenggarakan untuk presiden di Kedutaan Besar Inggris di Washington.

"Saya bertanya-tanya apakah saya harus memulai roti panggang ini dengan mengatakan, 'Ketika saya di sini pada tahun 1776,'" katanya sambil tertawa.

Bill Clinton

Ratu menjamu Clinton dan istrinya, Hillary, di atas kapal pesiar kerajaannya, Britannia, pada Juni 1994.

Kapal dengan panjang 412 kaki (125 meter) dan lebar 55 kaki (17 meter), berlabuh di Pangkalan Angkatan Laut Portsmouth dan merupakan pangkalan bagi keluarga Clinton saat mereka menghadiri makan malam ratu di Guildhall untuk para pemimpin negara-negara Sekutu yang pasukannya berpartisipasi dalam invasi D-Day ke Normandia 50 tahun sebelumnya.

Keluarga Clinton menghabiskan satu malam di atas kapal. Keesokan harinya, Britannia mengangkut Clinton ke kapal induk USS George Washington saat bersiap untuk berlayar melintasi Selat Inggris, dari Portsmouth ke Normandia, untuk perayaan ulang tahun D-Day.

George HW  Bush

Salah satu gambar yang lebih berkesan dari kunjungan kenegaraan ketiga raja ke AS datang pada tahun 1991 ketika hanya topi ungu bergaris putihnya yang terlihat di atas mikrofon ketika dia berbicara pada upacara kedatangan di halaman Gedung Putih.

Seseorang lupa mengatur podium setelah Bush yang jauh lebih tinggi berbicara.

Sang ratu tetap kuat dan melanjutkan, kemudian menjelaskan insiden itu saat dia membuka pidato di pertemuan gabungan Kongres.

"Saya berharap Anda dapat melihat saya hari ini dari tempat Anda berada," dia datar. Bush kemudian meminta maaf dan mengatakan dia merasa tidak enak karena tidak menarik langkah untuknya berdiri.

Ronald Reagan

Reagan dan ratu terikat karena saling menyukai menunggang kuda.

Mereka berkuda berdampingan dalam tur sepanjang 8 mil (13 kilometer) di halaman Kastil Windsor ketika Reagan mengunjunginya di sana pada Juni 1982. Reagan adalah presiden pertama yang menginap di rumah bersejarah keluarga kerajaan Inggris, sebuah Perkebunan abad ke-11 menghadap ke Sungai Thames.

Saat berada di AS pada tahun 1983, ratu dan Philip tinggal bersama presiden dan ibu negara Nancy Reagan di peternakan mereka di Santa Barbara, California. Dia ingin menunggang kuda lagi, tetapi hujan badai tidak mengizinkannya. Keluarga Reagan menyajikan makan siang makanan pokok daerah, termasuk enchilada, cabai rellenos, kacang refried, taco, nasi, dan guacamole.

Mereka juga menjadi tuan rumah makan malam kenegaraan untuk ratu di San Francisco di M.H. Museum Peringatan de Young.

Jimmy Carter

Ratu menjamu Carter pada Mei 1977 dalam perjalanan luar negeri pertamanya saat makan malam untuk para pemimpin NATO di Istana Buckingham. Pada satu titik, ketika Carter berdiri bersama ratu dan tamu lainnya, dia memperhatikan kedatangan ibu suri.

Pernah menjadi pria Selatan, Carter memisahkan diri, menggandeng tangannya dan mengantarnya ke barisan tamu yang berkumpul.

Petani kacang Georgia yang menjadi presiden tanpa embel-embel itu makan mousse ayam dari piring emas dan tampak bersemangat dengan tempat duduk makan malamnya di antara ratu dan saudara perempuannya, Putri Margaret, dan di seberang putranya, Pangeran Charles, Pangeran Philip, dan ibu suri.

Gerald Ford

Ford mengadakan jamuan makan malam kenegaraan untuk Inggris pada tahun 1976 untuk menandai dua abad Revolusi Amerika. Sang ratu tampil memukau dengan tiara bertatahkan berlian yang berkilauan di hadapan para diplomat, atlet bintang, dan selebritas seperti Cary Grant dan Julie Harris.

Suasana itu menguap ketika Ford memimpin ratu ke lantai dansa sementara lagu "The Lady Is a Tramp" bergema di seluruh State Dining Room. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home