Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 15:22 WIB | Selasa, 03 Maret 2015

Australia Kembali Temukan Hiu Goblin Langka

Makhluk laut langka yang disebut sebagai “alien dasar laut” telah ditemukan di Australia. Hewan tersebut kemudian dibawa ke sebuah museum yang pada Selasa (3/3) memamerkan moncongnya, giginya yang seperti paku dan tubuhnya yang berwarna pink. (Foto: Facebook/ Australian Museum)

SYDNEY, SATUHARAPAN.COM – Makhluk laut langka yang disebut sebagai “alien dasar laut” telah ditemukan di Australia. Hewan tersebut kemudian dibawa ke sebuah museum yang pada Selasa (3/3) memamerkan moncongnya, giginya yang seperti paku dan tubuhnya yang berwarna pink.

Hiu goblin yang mirip dengan makhluk prasejarah tu tinggal di dasar laut dan hanya segelintir orang yang mengetahui kehidupan mereka.

“Makhluk itu sungguh mengesankan, tidak mengerikan, dia cantik,” ujar manajer koleksi ikan di Australian Museum, Mark McGrouther, yang menggambarkan gigi hewan itu sebagai “belati kecil”.

“Mereka jarang sekali tertangkap. Mereka juga jarang sekali dijumpai.”

McGrouther mengungkapkan itu merupakan hiu goblin keempat yang pernah didapatkan museum di Sydney tersebut, dengan dua koleksi pertama diperoleh pada 1980-an.

Hiu goblin terbaru ditangkap oleh seorang nelayan pada Januari. Hiu tersebut ditemukan di dekat Eden, di lepas pantai tenggara Australia, di kedalaman sekitar 200 meter dan dibawa ke sebuah pusat satwa laut setempat, yang mempertahankan kondisinya untuk museum itu.

McGrouther mengatakan dia “gembira” bisa menangani hiu yang ditemukan di Samudera Pasifik, Atlantik dan Hindia itu. Spesies yang nama ilmiahnya adalah Mitsukurina owstoni itu dianggap sebagai fosil hidup dari era sekitar 125 juta tahun lalu. (AFP)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home