Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:10 WIB | Senin, 15 September 2014

Badai Odile Mendekat, Meksiko Status Siaga

Topan Norbert terbentuk di lepas pantai Meksiko (Foto: NASA/AFP).

MEXICO CITY, SATUHARAPAN.COM -  Meksiko menetapkan status siaga untuk wilayah Semenanjung Baja California pada Minggu (14/9), saat Badai Odile menuju ke resor wisata Los Cabos membawa angin dengan kecepatan 217 km per jam.

“Odile, adalah badai yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan bencana banjir, serta tanah longsor yang mematikan, “ ujar petugas memperingatkan. Mereka memeringkat badai tersebut berada pada kategori empat dalam skala lima poin Saffir Simpson, dengan lima adalah kategori paling menghancurkan.

“Badai ini bisa mendekat atau mendarat sebagai kategori empat di Los Cabos,” menurut koordinator National Weather Service Juan Manuel Caballero, mengacu pada resor wisata di ujung selatan semenanjung.

Jumlah pengunjung hotel di Los Cabos cukup rendah untuk tahun ini, namun pihak berwenang mengkhawatirkan orang-orang yang tinggal di area pantai dan mempersiapkan tempat penampungan sementara untuk 30.000 warga.

US National Hurricane Center mengatakan, ”Odile akan mendekat ke bagian selatan semenanjung pada Minggu malam (Senin waktu Indonesia, Red), dan diperkirakan akan memasuki daratan pada Senin (Selasa waktu Indonesia) pagi waktu setempat.”

Pihaknya, memprediksi bahwa badai tersebut akan menguat dan “mengancam nyawa” menyebabkan banjir serta membawa tingkat curah hujan antar lima hingga 10 inci. (AFP/Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home