Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:27 WIB | Senin, 26 Desember 2022

Badai Salju Melanda Amerika Serikat, 34 Orang Tewas

Suhu turun drastis di wilayah kanada hingga Meksiko. 1.700 lebih penerbangan dibatalkan.
Sebuah mobil berselimut salju di jalan masuk, hari Minggu, 25 Desember 2022, di Amherst, New York. Jutaan orang melawan cuaca beku yang dalam pada Minggu (25/12) di AS. (Foto: AP/Delia Thompson)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Jutaan orang menghadapi cuaca beku yang dalam pada Minggu (25/12) untuk mengatasi badai musim dingin yang telah menewaskan sedikitnya 34 orang di seluruh Amerika Serikat dan diperkirakan akan merenggut lebih banyak nyawa setelah menjebak beberapa penduduk di dalam rumah dengan tumpukan salju padamnya listrik ke puluhan ribu rumah dan bisnis.

Lingkup badai hampir belum pernah terjadi sebelumnya, membentang dari Great Lakes dekat Kanada hingga Rio Grande di sepanjang perbatasan dengan Meksiko. Sekitar 60% populasi AS menghadapi semacam peringatan cuaca musim dingin, dan suhu turun drastis di bawah normal dari timur Pegunungan Rocky ke Appalachian, kata Layanan Cuaca Nasional.

Kesengsaraan cuaca para pelancong kemungkinan akan berlanjut, dengan ratusan pembatalan penerbangan sudah dan lebih banyak diperkirakan setelah siklon bom, ketika tekanan atmosfer turun sangat cepat dalam badai yang kuat, berkembang di dekat Great Lakes, memicu kondisi badai salju, termasuk angin kencang dan salju. Sekitar 1.707 penerbangan domestik dan internasional dibatalkan pada hari Minggu sekitar pukul 14:00 waktu setempat menurut situs pelacakan FlightAware.

Badai melepaskan amukan penuhnya di wilayah Buffalo, New York, dengan angin topan dan salju yang menyebabkan pemandanga menjadi putih, melumpuhkan upaya tanggap darurat. Gubernur New York, Kathy Hochul, mengatakan hampir setiap truk pemadam kebakaran di kota itu terdampar pada hari Sabtu (24/12) dan meminta orang-orang pada hari Minggu untuk menghormati larangan mengemudi yang sedang berlangsung di wilayah tersebut.

Para pejabat mengatakan bandara akan ditutup hingga hari Selasa (27/12) pagi. Layanan Cuaca Nasional mengatakan total salju di Bandara Internasional Buffalo Niagara mencapai 43 inci (109 sentimeter) pada pukul 7 pagi hari Minggu.

Siang hari memperlihatkan mobil-mobil yang hampir tertutup tumpukan salju setinggi enam kaki dan ribuan rumah, beberapa dihiasi pajangan liburan yang gelap, gelap karena kekurangan daya listrik. Dengan salju di jalan-jalan yang tidak tersentuh dan tidak dapat dilewati, peramal cuaca memperingatkan bahwa tambahan salju setinggi 1 hingga 2 kaki mungkin terjadi di beberapa daerah hingga hari Senin pagi di tengah hembusan angin berkecepatan 40 mph.

Polisi mengatakan Minggu malam bahwa ada dua kasus penjarahan "terisolasi" selama badai. Dua orang meninggal di rumah mereka di pinggiran kota Cheektowaga, New York, Jumat ketika kru darurat tidak dapat menghubungi mereka tepat waktu untuk merawat kondisi medis mereka.

Eksekutif Distrik, Mark Poloncarz, mengatakan 10 orang lagi tewas di Erie County selama badai, termasuk enam di Buffalo, dan memperingatkan mungkin ada lebih banyak yang tewas.

“Ada yang ditemukan di mobil, ada yang ditemukan di jalan di tumpukan salju,” kata Poloncarz. “Kami tahu ada orang yang terjebak di dalam mobil selama lebih dari dua hari.”

Kondisi yang sangat dingin dan pemadaman listrik yang berlangsung lama membuat penduduk Buffalon bergegas pergi ke mana pun yang panas di tengah apa yang disebut Hochul sebagai kondisi badai salju terpanjang yang pernah ada di kota itu.

Tapi dengan jalan di bawah selimut putih tebal, itu bukanlah pilihan bagi orang-orang seperti Jeremy Manahan, yang mengisi daya ponselnya di mobil yang diparkir setelah hampir 29 jam tanpa listrik.

“Ada satu tempat penampungan penghangat, tapi itu terlalu jauh untuk saya capai. Saya tidak bisa mengemudi, tentu saja, karena macet,” kata Manahan. "Dan Anda tidak bisa berada di luar selama lebih dari 10 menit tanpa terkena radang dingin."

Ditjak Ilunga dari Gaithersburg, Maryland, sedang dalam perjalanan mengunjungi kerabat di Hamilton, Ontario, untuk merayakan Natal bersama putri-putrinya pada hari Jumat ketika SUV mereka terjebak di Buffalo. Tidak dapat memperoleh bantuan, mereka menghabiskan waktu berjam-jam dengan mesin menyala, diterpa angin dan hampir terkubur salju.

Pada hari Sabtu pukul 04:00, bahan bakar mereka hampir habis, Ilunga membuat pilihan putus asa untuk mengambil risiko badai menderu untuk mencapai tempat perlindungan terdekat. Dia menggendong Destiny yang berusia enam tahun di punggungnya sementara Cindy yang berusia 16 tahun mencengkeram anak anjing Pomeranian mereka, mengikuti jejak kakinya melewati arus.

“Kalau saya tetap di mobil ini, saya akan mati di sini bersama anak-anak saya,” kenang Ilunga sambil berpikir. Dia menangis ketika keluarga berjalan melewati pintu penampungan. “Itu adalah sesuatu yang tidak akan pernah saya lupakan dalam hidup saya.”

Badai mematikan listrik di komunitas dari Maine ke Seattle. Tapi panas dan lampu terus dipulihkan di seluruh AS. Menurut poweroutage.us, kurang dari 200.000 pelanggan tanpa listrik pada hari Minggu pukul 15:00 sore, turun dari puncaknya sebanyak 1,7 juta pelanggan.

Kekhawatiran tentang pemadaman bergilir di seluruh negara bagian timur mereda hari Minggu setelah PJM Interkoneksi mengatakan utilitasnya dapat memenuhi permintaan listrik puncak hari itu. Operator jaringan Atlantik tengah telah meminta 65 juta konsumennya untuk menghemat energi di tengah pembekuan hari Sabtu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home