Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:29 WIB | Sabtu, 29 Oktober 2022

Filipina Dilanda Badai Tropis Nalgae, Banjir Bandang Akibatkan 75 Tewas

Tim penyelamat Penjaga Pantai Filipina (PCG) dan warga menggunakan kulkas yang rusak sebagai perahu darurat selama operasi penyelamatan menyusul banjir akibat Badai Tropis Nalgae, di Hilongos, Leyte, Filipina, 28 Oktober 2022. (Reuters)

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Badai Tropis Nalgae yang parah menghantam Filipina pada hari Sabtu (29/10), setelah menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor yang menewaskan sedikitnya 72 orang, kata para pejabat.

Nalgae menghantam pulau utama negara, kepulauan Luzon, dengan hembusan angin maksimum 95 kilometer (59 mil) per jam setelah mendarat di pulau Catanduanes yang berpenduduk jarang sebelum fajar.

Hujan lebat yang dipicu oleh badai yang mendekat mulai Kamis (27/10) di Filipina selatan, kata badan cuaca negara bagian itu, membanjiri sebagian besar daerah pedesaan di pulau Mindanao.

Itu diikuti oleh tanah longsor dan banjir, dengan air yang mengalir deras dan sarat puing menyapu seluruh keluarga di beberapa daerah dan merusak hampir 500 rumah.

Pada Sabtu (29/10) pagi, jumlah korban tewas telah meningkat menjadi 72, kata direktur pertahanan sipil negara itu, Rafaelito Alejandro. Setidaknya 14 orang masih hilang dan 33 terluka, tambahnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, banjir bandang dengan lumpur dan puing-puing dari sebagian besar lereng gunung yang gundul telah menjadi salah satu bahaya paling mematikan yang ditimbulkan oleh topan di Filipina.

Tim penyelamat fokus pada desa Kusiong, di mana puluhan mayat ditemukan pada hari Jumat setelah banjir melanda.

Banjir juga dilaporkan di beberapa daerah di Filipina tengah, meskipun tidak ada kematian yang dilaporkan di sana.

Foto-foto yang dirilis oleh penjaga pantai menunjukkan penyelamat menggunakan kulkas tua sebagai perahu improvisasi untuk menarik anak-anak dari komunitas banjir di pulau tengah Leyte.

Layanan cuaca negara bagian itu mengatakan Nalgae dapat menghantam ibu kota Manila, sebuah kota metropolitan yang luas berpenduduk lebih dari 13 juta orang, membawa “hujan deras yang kadang-kadang deras”.

“Diperkirakan, banjir yang meluas dan tanah longsor yang disebabkan oleh hujan,” sementara ada “risiko gelombang badai yang minimal hingga sedang” atau gelombang besar yang menghantam daerah pesisir, tambahnya.

“Berdasarkan proyeksi kami, yang satu ini sangat kuat, jadi kami benar-benar siap untuk itu,” kata Alejandro seraya menambahkan bahwa 5.000 tim penyelamat telah bersiaga. Dia mendesak warga di jalur badai untuk tinggal di rumah sebelum badai keluar ke Laut China Selatan hari Minggu (30/10) pagi.

“Jika tidak perlu atau penting, sebaiknya kita hindari keluar hari ini karena berbahaya dan bisa membahayakan,” kata Alejandro.

Lebih dari 7.000 orang dievakuasi menjelang pendaratan badai, kata kantor pertahanan sipil. Penjaga pantai juga telah menangguhkan layanan feri melalui sebagian besar negara kepulauan karena laut yang bergelombang, ratusan kapal terdampar dan ribuan penumpang di pelabuhan.

Kantor penerbangan sipil mengatakan telah menangguhkan lebih dari 100 penerbangan sejauh ini.

Badai melanda pada awal akhir pekan yang panjang di Filipina, ketika jutaan orang kembali ke kampung halaman mereka untuk mengunjungi makam kerabat mereka.

Filipina dilanda rata-rata 20 badai besar setiap tahun yang menewaskan ratusan orang dan membuat wilayah yang luas dalam kemiskinan abadi.

Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa badai seperti itu, yang juga membunuh ternak dan menghancurkan infrastruktur utama, menjadi lebih kuat ketika dunia menjadi lebih hangat karena perubahan iklim. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home