Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:35 WIB | Selasa, 31 Desember 2013

Bahrain Sita Kapal Berisi Bahan Peledak Buatan Iran dan Suriah

Pelabuhan Shalman di Manama, Bahrain. (foto: Ist.)

DUBAI, SATUHARAPAN.COM - Otoritas Bahrain pada hari Senin (30/12) mengatakan bahwa mereka menyita sebuah kapal yang menyelundupkan bahan peledak yang dibuat di Iran dan Suriah yang menuju ke kerajaan yang dipimpin Sunni itu, dan yang menggagalkan pemberontakan yang dipimpin Syiah pada 2011.

Kapal yang terdapat dua warga Bahrain di dalamnya itu dihentikan pada akhi pekan di zona bahari sejauh 3,7 kilometer dari lepas pantai kepulauan itu, kata kepala keamanan umum Mayor Jenderal Tareq al-Hasan.

Dia mengatakan bahwa mereka telah dilacak pada jarak 218 kilometer bagian timur laut kerajaan itu. “Lima puluh granat tangan dibuat di Iran,” serta “295 sekring yang terhubung ke saklar yang berlabel buatan Suriah,” ditemukan di kapal setinggi sembilan meter, kata dia dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita negara, BNA.

Puluhan bahan peledak C4 dan TNT juga ditemukan di kapal tersebut, kata dia tanpa memberikan rincian mengenai sumber dugaan pengiriman tersebut.

Kerajaan Teluk yang dipimpin Sunni itu telah lama menuduh Iran Syiah ikut campur dalam urusan Bahrain, sementara Arab Saudi dan Qatar sangat mendukung pemberontak yang berperang menggulingkan Presiden Suriah Bashar Al-Assad, sekutu dekat Iran. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home