Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:39 WIB | Kamis, 23 Juli 2015

Bangladesh Setujui Kepulangan 155 Imigran dari Myanmar

Ratusan pengungsi dan imigran menggunakan kapal penangkap ikan sebelum ditemukan Angkatan Laut Italia pada Juni 2014. (Foto: The Italian Coastguard/Massimo Sestini/UN)

DHAKA, SATUHARAPAN.COM – Bangladesh  menyetujui untuk membawa pulang 155 orang – seluruh dianggap sebagai imigran ekonomi – setelah proses ketat untuk memverifikasi kewarganegaraan mereka. “Kelompok imigran itu merupakan korban dari aksi penyelundupan manusia baru-baru ini melalui laut di wilayah Samudra Hindia,” kata juru bicara kementerian luar negeri Bangladesh Arafat Rahman pada Rabu (22/7).

“Mereka sebelumnya diselamatkan dalam sebuah kelompok yang terdiri dari 528 orang dari sebuah perahu di wilayah perairan Myanmar,” dia menambahkan.

Myanmar memulangkan 155 imigran ke Bangladesh setelah lebih dari sebulan setelah menyelamatkan mereka dari sebuah perahu yang terdampar di laut.

Ribuan imigran, mayoritas Muslim Rohingya asal Myanmar atau imigran ekonomi dari Bangladesh, terdampar di wilayah perairan Asia Tenggara pada Mei setelah Thailand menumpas penyelundupan manusia sehingga mendorong para bos geng kriminal itu meninggalkan korbannya di darat dan laut.

Krisis itu sangat menyita perhatian terkait industri kejahatan jutaan dolar yang memangsa puluhan ribu imigran putus asa yang berupaya keluar dari jeratan kemiskinan di Bangladesh atau penindasan di Myanmar.

 (Ant/AFP)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home