Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 12:28 WIB | Rabu, 11 Mei 2016

Bangun Infrastruktur Daerah, SDM Lokal Prioritas Pemerintah

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara, tanggal 6 Februari 2015 (Foto: pu.go.id)

TAPANULI, SATUHARAPAN.COM - Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Yusid Toyib, mengatakan diperlukan sinergi pemerintah pusat dan daerah untuk memprioritaskan sumber daya manusia (SDM) atau tenaga kerja konstruksi lokal dalam pembangunan infrastruktur di daerah.

“Pemerintah pusat dan daerah harus bersinergi untuk saling melengkapi untuk Indonesia yang lebih baik. Ketika ada kebutuhan tenaga kerja konstruksi di daerah, Kementerian PUPR siap memprioritaskan tenaga kerja lokal setempat untuk diberikan pelatihan,” kata Yusid.

Dia mencontohkan, proses pembangunan infrastruktur di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Provinsi Sumatera Utara pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2016 dianggarkan sekitar Rp 99 miliar, dan di tengah gencarnya pembangunan infrastruktur di kabupaten tersebut, Bupati Taput, Nickson Nababan, mengungkapkan kekhawatirannya terhadap kurangnya tenaga operator alat berat di daerahnya.

Hal itu langsung direspons oleh Kementerian PUPR dengan mengadakan pelatihan operator alat berat di wilayah tersebut.

"Tenaga kerja konstruksi lokal yang harus lebih kita berdayakan, dilatih lalu disertifikat, jika perlu tidak mengimpor tenaga kerja dari luar. Jangan sampai SDM di Taput ini hanya menjadi penonton sementara pembangunan infrastruktur terus digenjot di sini,” kata Yusid dalam pertemuan dengan bupati dan seluruh kepala dinas Kabupaten Taput Provinsi Sumatera Utara, di Tarutung, hari Selasa (10/5).

Visi menjadi lumbung pangan dan lumbung SDM yang berkualitas, serta menjadi daerah wisata, menjadikan Taput memfokuskan pembangunan infrastruktur dalam beberapa tahun ke depan. Di antaranya, akan ada pembangunan empat bendungan yang akan dibiayai APBN, memanfaatkan APBD untuk membuka akses jalan antarkecamatan, perbaikan dan pelebaran jalan akses wisata, perkuatan embung, tanggul, dan irigasi.

Selain itu, salah satu wilayah di kabupaten ini merupakan kawasan prioritas sesuai dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo, di mana Danau Toba akan menjadi salah satu destinasi pariwisata dunia.

Menurut data yang diperoleh pada tahun 2016, Kabupaten Taput berencana membeli beberapa alat berat, seperti Vibro Roller, Dump Truck, Backhoe Loader, Excavator, dan Dozer. Hal ini dilakukan sebagai bukti keseriusan dalam mempercepat pembangunan infrastruktur.

"Keseriusan Kabupaten Taput ini terus kami dukung. Taput harus memiliki tenaga kerja konstruksi yang andal dan bersertifikat untuk menghasilkan infrastruktur yang berkualitas,” ujar Yusid. (pu.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home