Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 07:34 WIB | Minggu, 06 September 2020

Bank Dunia Batalkan Pinjaman untuk Lebanon

Para pegiat lingkungan berkemah di lembah Bisri, mereka menentang pembangunan bendungan yang rencananya didanai oleh Bank DuniaWorld Bank. (Foto: dari Arab News)

SATUHARAPAN.COM-Bank Dunia mengatakan mereka membatalkan pinjaman untuk mendanai bendungan di Lebanon yang diklaim para pencinta lingkungan dapat menghancurkan lembah yang kaya akan keanekaragaman hayati.

Bendungan Bisri sebagian ditangguhkan pada bulan Juni setelah pemberi pinjaman pembangunan yang berbasis di Washington mengatakan pihaknya menyampaikan keprihatinan tentang pelaksanaan proyek, dan memberikan waktu kepada pemerintah Lebanon hingga 4 September untuk menyelesaikan perjanjian utama terkait dengan operasi dan pemeliharaan serta lingkungan.

Dalam sebuah pernyataan, Bank Dunia mengatakan telah memberi tahu pemerintah bahwa mereka menarik pembiayaannya "karena tidak selesainya tugas yang merupakan prasyarat untuk dimulainya konstruksi."

"Porsi pinjaman yang dibatalkan adalah US$ 244 juta dan pembatalan berlaku segera," kata bank tersebut.

Bendungan Bisri terletak di lembah 30 kilometer di selatan ibu kota, Beirut. Bendungan itu bertujuan untuk memasok air minum serta irigasi bagi 1,6 juta penduduk.

Para ahli lingkungan dan beberapa petani mempermasalahkan jaminan dari pemerintah dan Bank Dunia bahwa bendungan yang akan dibangun di atas garis patahan seismik tidak meningkatkan risiko gempa bumi. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home