Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 21:57 WIB | Sabtu, 27 Juni 2015

Bank Sentral Tiongkok Pangkas Suku Bunga 25 Basis Poin

Ilustrasi: Bank Of China. (Foto: channelnewsasia.com).

BEIJING, SATUHARAPAN.COM – Bank sentral Tiongkok memangkas suku bunga pinjaman acuan sebesar 25 basis poin menjadi 4,85 persen.

Seperti diberitakan scmp.com Sabtu (27/6), penurunan tersebut merupakan yang keempat sejak November 2014, pemerintah Tiongkok melakukan halt tersebut karena bersiap untuk menurunkan biaya pinjaman dan mendukung perekonomian yang melambat.

Bank Rakyat Tiongkok (PBOC) juga mengurangi suku bunga deposito acuan satu tahun sebesar 25 basis poin menjadi 2 persen,  dalam sebuah pernyataan di situsnya, menambahkan bahwa pengurangan akan mulai diberlakukan pada  Minggu (28/6).

PBOC terakhir kali memangkas suku bunga pada 10 Mei 2015, kala itu PBOC menurunkan suku bunga kredit acuan satu tahun sebesar 25 basis poin menjadi 5,1 persen, dan menurunkan suku bunga deposito acuan satu tahun sebesar 25 basis poin menjadi 2,25 persen.

Pemerintah Tiongkok terbebani oleh penurunan properti, kelebihan kapasitas pabrik dan utang lokal, pertumbuhan ekonomi Negeri Tirai Bambu diperkirakan melambat ke titik terendah seperempat abad dari sekitar 7 persen pada 2015 ini. Pertumbuhan tersebut turun dari 7,4 persen pada  2014, pertumbuhan ekonomi Tiongkok tidak dapat terkatrol walau ada langkah-langkah stimulus tambahan.

Sementara pemotongan lebih telah diperkirakan pertumbuhan ekonomi berdesis, perubahan Sabtu mengikuti terjun dari 20 persen di pasar saham Tiongkok dalam dua minggu terakhir. (scmp.com).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home