Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 18:53 WIB | Selasa, 19 September 2023

Banyak Koleksi Masih Utuh, Pacsa Kebakaran Museum Nasional Indonesia

Petugas kberjalan di area pasca kebakaran Museum Nasional di Jakarta, hari Minggu (17/9/2023). (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Pelaksana Tugas Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya, Ahmad Mahendra, menyebut sejumlah koleksi di Museum Nasional Indonesia masih banyak yang utuh, usai terdampak kebakaran gedung.

"Informasi sementara ternyata banyak yang masih utuh, tapi tentu ada kerusakan-kerusakan," katanya  di Jakarta, hari Senin (18/9) malam. Dikatakan, tim identifikasi yang terbentuk atas kurator dan konservator tersebut tengah bekerja untuk mengumpulkan data-data koleksi cagar budaya yang terdampak.

Selain itu, proses evakuasi akan segera dilakukan di lima ruangan terbakar yang sudah diperbolehkan perizinannya dari Puslabfor Mabes Polri. Museum Nasional Indonesia juga berupaya membuka jalur komunikasi dengan tim konservasi cagar budaya untuk evakuasi sejumlah koleksi terdampak pascakebakaran gedung.

Untuk proses evakuasi, pihak Museum Nasional Indonesia telah mempersiapkan ruangan khusus untuk mengevakuasi sejumlah koleksi yang terdampak dari ruang yang terbakar.

Data mengenai jumlah dan jenis koleksi yang telah dievakuasi akan disampaikan dalam pernyataan pers berikutnya.

Sementara itu, Polisi telah memeriksa 16 saksi terkait kebakaran Museum Nasional atau yang biasa dikenal Museum Gajah.

"Ini sudah 16 orang. Tim masih terus bekerja untuk meminta keterangan dari orang-orang ini. Belum ada petunjuk. Masih butuh waktu," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes. Pol. Komaruddin kepada wartawan, Selasa (19/9/23).

Menurut Kapolres, hingga kini pendalaman penyebab awal kebakaran masih terus dilakukan. Pemisahan puing-puing kebakaran dan benda-benda bersejarah juga masih dilakukan.

"Saat ini baru bisa kita lakukan proses itu (pemilahan), sambil tim dari labfor masih terus intens melakukan pendalaman karena ada enam ruangan yang rusak itu tadi," katanya.

Sementara itu, 80 personel dikerahkan di lokasi untuk menjaga sterilisasi. Penjagaan dilakukan 24 jam penuh untuk memastikan tidak ada aset negara berupa benda bersejarah yang dapat dicuri.

"(CCTV) ada, sudah di beberapa titik yang diamankan. Untuk pastinya nanti setelah terkumpul ya," katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home