Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 10:58 WIB | Selasa, 07 April 2015

Baru 5 Hari Jadi Manusia Tertua Dunia, Gertrude Weaver Meninggal

Gertrude Weaver (Foto:inquisitr.com)

ROCK LITTLE, ARKANSAS, SATUHARAPAN – Hanya beberapa hari setelah menjadi manusia tertua dunia, Gertude Weaver meninggal di usia 116 tahun pada Senin (6/5) di Arkansas.

Weaver menjadi orang tertua di dunia setelah kematian Misao Okawa, wanita Jepang yang berusia 117 tahun,  pekan lalu, menurut catatan yang disimpan oleh Kelompok Riset Gerontologi yang berbasis di Los Angeles. Weaver lahir pada tahun 1898.

Rumah Duka Williams mengonfirmasi meninggalnya Weaver pada pukul 10:00 pagi di Pusat Kesehatan dan Rehabilitasi Silver Oaks di Camden, sekitar 100 km sebelah barat daya Little Rock.

Walikota Camden, Marie Trisollini, sempat mengobrol dengan Weaver minggu lalu ketika teman sekamarnya merayakan ulang tahun ke-100.

"Dia sungguh seorang wanita yang manis. Dia relatif ceria dan koheren ketika saya berbicara dengannya sebelum pesta," kata Trisollini. "Ketika diminta saran tentang cara untuk hidup panjang dia akan berkata, 'Gunakan banyak pelembab kulit, memperlakukan setiap orang dengan baik, mengasihi sesama dan makan masakan sendiri. Jangan makan di tempat-tempat makanan cepat saji,'" kata dia, dikutip dari cbsnews.com.

Kelompok Riset mampu memverifikasi usia Weaver dengan menggunakan catatan sensus dan surat nikah dari tahun 1915 yang mencatat usianya 17 tahun ketika itu. Catatan lain menunjukkan kemungkinan ia berulang tahun pada April,  tetapi karena tidak bisa dikonfirmasi,  yang digunakan sebagai hari ulang tahun Weaver adalah 4 Juli.

Trisollini mengatakan sebenarnya panti jompo dan beberapa anggota masyarakat telah membuat rencana untuk pesta ulang tahun Weaver ke-117.

Weaver, yang lahir di barat daya Arkansas dari keluarga petani penggarap, mengatakan kepada perawat staf rumah jompo pekan lalu bahwa ia ingin mengundang Presiden Barack Obama pada hari ulang tahunnya karena ia telah memilihnya dua kali.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home