Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki 07:20 WIB | Rabu, 22 Mei 2024

Batik Ulur Wiji Mojokerto Tembus Pasar Dunia

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mencoba membatik rumah produksi eco-fashion batik yang berlokasi di Dusun Pandantoyo, Desa Pandankrajan, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto. HO-Pemkab Mojokerto

MOJOKERTO, SATUHARAPAN.COM - Batik Ulur Wiji asal Kabupaten Mojokerto berhasil menembus pasar mancanegara seperti Kanada, Jepang dan juga Singapura, sehingga masyarakat didorong untuk memviralkan supaya dikenal lebih luas lagi.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati di Kabupaten Mojokerto, Selasa (21/5) mengajak seluruh masyarakat di kabupaten setempat untuk memviralkan batik Ulur Wiji saat dirinya mengunjungi rumah produksi eco-fashion batik yang berlokasi di Dusun Pandantoyo, Desa Pandankrajan, Kecamatan Kemlagi.

"Batik tulis rintisan Nasta Rofika ini, merupakan batik yang diproduksi dengan pewarna alami dari tumbuh-tumbuhan, sehingga batik tulis ini memiliki daya tarik tersendiri di dunia fashion. Ayo siapa lagi kalau bukan kita yang akan besarkan, mengenalkan dan mencintai produk-produk saudara kita sendiri. Ayo kita belanja dan kita pakai batik Ulur Wiji Desa Pandankrajan, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto," katanya.

Selain itu, batik Ulur Wiji yang menghadirkan berbagai ragam motif dengan motif-motif yang terukir tidak terlalu ketat, membuat batik tersebut tidak hanya bisa dipakai untuk acara formal akan tetapi juga cocok digunakan untuk aktifitas sehari-hari.

Dari kelebihan tersebut, orang nomor satu di lingkup Pemkab Mojokerto menilai, bahwa batik Ulur Wiji memiliki pangsa pasar tersendiri yakni kaum millenial.

"Ini keren sekali dan kekinian. Jadi bagi yang suka motif-motif kontemporer, orang-orang yang dinamis dan yang kekinian ini sangat cocok sekali," ujarnya.

Bupati Ikfina juga menuturkan, bahwa diproduksi dengan menggunakan pewarna alami, membuat batik Ulur Wiji juga dinilai ikut andil dalam menjaga kelestarian lingkungan.

"Ini merupakan suatu prospek yang sangat bagus sekali karena memakai pewarna alam, ya jadi istilahnya aman untuk lingkungan dan kesehatan para pekerjanya," ujarnya.

Sehingga, kata dia, dengan berbagai keunikan dan pemilihan bahan yang tepat batik Ulur Wiji juga sangat cocok digunakan di daerah iklim tropis.

"Ini ringan, cocok untuk daerah yang panas. Jadi ini tidak gerah," tuturnya.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home