Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 18:55 WIB | Senin, 10 April 2023

India Sukses Tingkatkan Populasi Harimau, Tapi Warga Yang Tergusur Protes

PM India mengklaim populasi harimau meningkat berkat program konservcasi delam beberapa dekade.
Harimau terlihat di Taman Nasional Ranthambore di Sawai Madhopur, India pada 12 April 2015. Perdana Menteri Narendra Modi mengumumkan pada hari Minggu, 9 April 2023, yang disambut tepuk tangan meriah bahwa populasi harimau di negara itu terus bertambah hingga lebih dari 3.000 sejak konservasi andalannya program dimulai 50 tahun yang lalu setelah kekhawatiran bahwa jumlah kucing besar semakin berkurang. (Foto: dok. AP/Satyajeet Singh Rathore)

BENGALURU, INDIA, SATUHARAPAN.COM-Perdana Menteri India, Narendra Modi, mengumumkan pada hari Minggu (9/4) bahwa populasi harimau di negara itu terus bertambah, menjadi lebih dari 3.000 sejak program konservasi andalannya dimulai 50 tahun yang lalu setelah kekhawatiran bahwa jumlah kucing besar itu semakin berkurang.

Itu adalah suasana perayaan bagi para pejabat di suaka harimau utama India di kota Mysuru, di selatan. “India adalah negara di mana melindungi alam adalah bagian dari budaya kita,” kata Modi. “Inilah mengapa kami memiliki banyak pencapaian unik dalam konservasi satwa liar.”

Modi juga meluncurkan Aliansi Kucing Besar Internasional yang katanya akan fokus pada perlindungan dan konservasi tujuh spesies kucing besar, yaitu harimau, singa, macan tutul, macan tutul salju, puma, jaguar, dan cheetah.

Warga Yang Tergusur

Sementara itu, para pengunjuk rasa menceritakan kisah mereka sendiri pada hari Minggu (9/4) tentang bagaimana mereka telah tergusur oleh proyek konservasi satwa liar selama setengah abad terakhir, dengan puluhan orang berdemonstrasi sekitar satu jam sebelum pengumuman.

Proyek Harimau dimulai pada tahun 1973 setelah sensus kucing besar menemukan bahwa harimau India dengan cepat punah karena hilangnya habitat, perburuan olah raga yang tidak diatur, peningkatan perburuan dan pembunuhan balasan oleh manusia.

Diyakini populasi harimau sekitar 1.800 pada saat itu, tetapi para ahli secara luas menganggap perkiraan itu terlalu tinggi karena metode penghitungan yang tidak tepat di India hingga tahun 2006. Hukum berusaha untuk mengatasi penurunan tersebut, tetapi model konservasi berpusat pada penciptaan cagar alam yang dilindungi di mana ekosistem dapat berfungsi tanpa gangguan oleh orang.

Beberapa kelompok Pribumi mengatakan bahwa strategi konservasi, yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan hidup Amerika, berarti mencabut banyak komunitas yang telah hidup di hutan selama ribuan tahun.

Tuntutan Masyarakat Adivasi

Anggota dari beberapa kelompok Adat atau Adivasi, sebutan bagi masyarakat Adat di negara ini, membentuk Komite Pembentukan Hak Hutan Nagarahole Adivasi untuk memprotes penggusuran dari tanah leluhur mereka dan mencari suara tentang bagaimana hutan dikelola.

“Nagarahole adalah salah satu hutan pertama yang dibawa di bawah Proyek Tiger dan orang tua serta kakek nenek kami mungkin termasuk yang pertama dipaksa keluar dari hutan atas nama konservasi,” kata J. A. Shivu, 27 tahun, yang berasal dari Jenu Kuruba suku.

“Kami telah kehilangan semua hak untuk mengunjungi tanah kami, kuil atau bahkan mengumpulkan madu dari hutan. Bagaimana kita bisa terus hidup seperti ini?”

Jenu, yang berarti madu dalam bahasa Kannada India selatan, adalah sumber mata pencaharian utama suku tersebut karena mereka mengumpulkannya dari sarang lebah di hutan untuk dijual.

Kurang dari 40.000 orang Jenu Kuruba adalah salah satu dari 75 kelompok suku yang diklasifikasikan pemerintah India sebagai sangat rentan. Komunitas Adivasi seperti Jenu Kuruba termasuk yang termiskin di India.

Ada Prasangka Buru pada Warga Masyarakat

Beberapa ahli mengatakan bahwa kebijakan konservasi yang berupaya melindungi hutan belantara yang masih asli dipengaruhi oleh prasangka buruk terhadap masyarakat setempat.

Kementerian urusan suku pemerintah India telah berulang kali mengatakan sedang mengerjakan hak-hak Adivasi. Hanya sekitar 1% dari lebih dari 100 juta Adivasis di India telah diberikan hak apapun atas lahan hutan meskipun undang-undang hak hutan pemerintah, disahkan pada tahun 2006, yang bertujuan untuk “membatalkan ketidakadilan sejarah” bagi masyarakat hutan.

Jumlah harimau India, sementara itu, berkembang pesat: 3.167 harimau di negara itu merupakan lebih dari 75% populasi harimau liar dunia.

Harimau telah menghilang di Bali dan Jawa dan harimau China kemungkinan besar punah di alam liar. Subspesies harimau lainnya, hanya ditemukan di Sumatera. Proyek India untuk melindungi mereka dipuji sebagai keberhasilan oleh banyak orang.

“Project Tiger hampir tidak ada bandingannya di dunia karena skema, skala dan besarnya ini belum begitu berhasil di tempat lain,” kata SP Yadav, pejabat senior pemerintah India yang bertanggung jawab atas Project Tiger.

Tetapi para kritikus mengatakan biaya sosial dari benteng pada konservasi itu, di mana departemen kehutanan melindungi satwa liar dan mencegah masyarakat lokal memasuki kawasan hutan, tinggi.

Sharachchandra Lele, dari Ashoka Trust for Research in Ecology and the Environment yang berbasis di Bengaluru, mengatakan bahwa model konservasi sudah ketinggalan zaman.

“Sudah ada beberapa contoh hutan yang dimanfaatkan secara aktif oleh masyarakat setempat dan jumlah harimau justru meningkat padahal masyarakat diuntungkan di wilayah tersebut,” katanya.

Vidya Athreya, direktur Wildlife Conservation Society di India yang telah mempelajari interaksi antara kucing besar dan manusia selama dua dekade terakhir, setuju dengan pandangan itu.

“Secara tradisional kami selalu menempatkan satwa liar di atas manusia,” kata Athreya, seraya menambahkan bahwa melibatkan masyarakat adalah langkah maju untuk melindungi satwa liar di India.

Shivu, dari suku Jenu Kuruba, juga ingin kembali ke kehidupan di mana komunitas Pribumi dan harimau hidup bersama. “Kami menganggap mereka dewa dan kami adalah penjaga hutan ini,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home