Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:50 WIB | Rabu, 03 Agustus 2016

Beasiswa Student Mobility Bawa Widia Belajar Ke Tiongkok

Widia Savitri, mahasiswi Jurusan Teknik Informatika Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya ini mendapat kesempatan berkuliah satu semester di Nantong Vocational University (NTVU) Tiongkok pada 25 Agustus 2016 mendatang melalui program Student Mob. (Foto: ampost.co)

BANDARLAMPUNG, SATUHARAPAN.COM - Mahasiswi Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya Lampung, Widia Savitri segera mewujudkan impiannya untuk bisa belajar ke luar negeri, melalui Program Student Mobility di Nantong Vocational University (NTVU) Tiongkok.

"Alhamdulillah, saya senang dan bersyukur, bisa memperoleh kesempatan mengikuti Program Student Mobility ke Tiongkok, dan berangkat pada 25 Agustus mendatang," kata Widia dengan wajah tampak berseri saat ditemui di Bandarlampung, Rabu (3/8).

“Tak hanya mendapatkan pengalaman belajar ke luar negeri, semoga kesempatan ini juga menjadi kebanggaan bagi keluarga, “ katanya.

Mahasiswi Jurusan Teknik Informatika ini, memperoleh beasiswa dari   Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Bandarlampung, untuk mengikuti Program Student Mobility periode VI, yang akan berlangsung selama satu semester mulai Agustus 2016-Januari 2017.

Mahasiswi peraih Beasiswa Bidik Misi itu, memiliki ayah yang bekerja sebagai sopir mobil pick up. Namun hal itu tak lantas membuat Widia patah semangat untuk mengejar mimpinya, bahkan menjadi motivasi baginya untuk menjadi kebanggaan keluarga.

"Saya berusaha belajar dengan bersungguh-sungguh, supaya meraih prestasi akademik yang memuaskan. Selain itu, saya juga aktif mengikuti study club yang digelar Kantor Urusan Hubungan Internasional Darmajaya agar menambah kemampuan dalam berbahasa asing," katanya pula.

Gadis kelahiran 20 Januari 1996 ini, mengaku sangat tertarik mendatangi negara berjuluk Negeri Tirai Bambu itu.

Menurutnya, Tiongkok merupakan negara yang sangat maju dan sangat berkembang pesat di bidang teknologi, pendidikan, industri, dan lainnya.

"Saya sering melihat Tiongkok dari film, berita di televisi, dan buku. Tiongkok dikenal dengan ragam kebudayaan yang menarik.

Selain itu, juga memiliki penemuan-penemuan teknologi yang modern dan canggih, saya jadi ingin sekali naik kereta api tercepat di Tiongkok," kata anak pertama dari dua bersaudara itu pula.

Kepala Kantor Urusan Hubungan Internasional (KUHI) IBI Darmajaya Rahmalia Syahputri mengatakan, tak hanya Widia, Program Student Mobility ke Nantong Vocational University China, juga diikuti Resti Riana Putri dari Jurusan Sistem Informasi.

Selain NTVU, Program Student Mobility periode VI itu, juga akan diikuti empat mahasiswa lainnya ke Rajamangala University of Technology Krugthep (RUTK) Thailand.

Mereka adalah Christine Dian Pertiwi dan Ribka dari Jurusan Akuntansi, serta Zainudin dan Ronal Diantry dari Jurusan Manajemen.

Dia menyatakan, ada enam mahasiswa yang akan mengikuti Program Student Mobility itu.

Sebelum keberangkatan, mereka terlebih dahulu menjalani proses pembekalan meliputi kemampuan bahasa Inggris, akademik, pengetahuan budaya dan adat sopan santun sesuai dengan negara yang akan mereka datangi.

"Diharapkan mahasiswa bisa lebih siap dan memanfaatkan kesempatan belajar di luar negeri ini dengan sebaik mungkin dalam menambah pengetahuan, pengalaman, serta memperluas wawasan internasional," katanya. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home