Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 05:54 WIB | Sabtu, 26 September 2020

Beberapa Anggota Menolak Rencana Uni Eropa Memperketat Prosedur Pencari Suaka

Migran duduk di dalam Kamp Moria yang terbakar di pulau Lesbos, Yunani pada 9 September 2020, setelah kebakaran besar. Sekitar 12.000 migran kehilangan tempat tinggal. (Foto: dok. AFP)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Komisi Eropa menerbitkan rencana baru pada hari Rabu (23/9) untuk mengontrol perbatasan dengan lebih ketat dan prosedur yang disederhanakan untuk mengusir pencari suaka yang ditolak.

Sekelompok negara Eropa timur pada hari Kamis (24/9) menolak rencana baru UE untuk menangani migran, karena tidak cukup tangguh, memberikan pukulan terhadap upaya menyelesaikan salah satu masalah paling sulit di Eropa.

Para pemimpin Hongaria, Polandia dan Republik Ceko, semuanya memiliki sikap anti imigrasi yang keras, mengadakan pembicaraan dengan para pejabat tinggi Uni Eropa ketika blok tersebut mencoba untuk mereformasi aturan suaka, lima tahun setelah benua itu dilanda krisis migran.

Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban, mengatakan langkah-langkah tersebut tidak cukup memadai, dan dia bersikeras bahwa pengungsi harus diperiksa di kamp-kamp di luar Eropa.

"Tidak ada terobosan, ada banyak perubahan, tetapi itu belum menjadi terobosan," kata Orban kepada wartawan setelah pembicaraan di Brussels dengan rekan-rekannya dari Ceko dan Polandia, serta Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen.

Bersama dengan Slovakia, tiga negara yang tergabung dalam Visegrad Group, yang telah dengan keras menolak upaya UE sebelumnya untuk mendistribusikan pengungsi menggunakan sistem kuota wajib.

"Terobosan berarti titik api ada di luar, jadi tidak ada yang bisa menginjak Uni Eropa tanpa izin untuk melakukannya," kata Orban, mengacu pada gagasan pusat penyaringan yang terletak di luar Eropa.

Orban mengatakan "nada proposal" lebih disukai, tapi mengatakan "pendekatan dasar tidak berubah". "Mereka ingin mengatur migrasi dan bukan menghentikan para migran," katanya. "Posisi Hongaria adalah: 'Hentikan para migran'. Itu dua hal yang berbeda."

Mengembalikan Yang Ditolak

Rencana UE untuk mereformasi apa yang disebut peraturan Dublin tentang pencari suaka, yang menurut von der Leyen sendiri telah gagal, diluncurkan dua pekan setelah kebakaran menghancurkan kamp migran yang penuh sesak di pulau Lesbos, Yunani, mendorong masalah itu kembali disorot.

Berdasarkan rencana tersebut, negara-negara UE yang tidak ingin menerima lebih banyak migran malah dapat bertanggung jawab mengirim mereka yang permintaan suakanya ditolak untuk kembali ke tanah air mereka.

Perdana Menteri Ceko, Andrej Babis, menolak gagasan negara-negara yang tidak mau menampung para migran yang memastikan pemulangan mereka sebagai "omong kosong mendasar".

"Pada pandangan pertama tampaknya Komisi Eropa masih belum memahami bahwa untuk menghentikan migrasi ilegal kita harus menghentikan para migran ilegal, ketika mereka tiba di tanah Eropa," kata Babis.

Rekannya dari Polandia, Mateusz Morawiecki, mengatakan kelompok Visegrad akan tetap berpegang pada tuntutannya untuk "kebijakan pengendalian perbatasan yang paling ketat dan efektif".

"Kami ingin mencegah masalah pada sumbernya daripada harus berurusan dengan proposal besar dan kontroversial yang kami miliki pada tahun 2016, 17, 18 tentang kebijakan migran," katanya.

Setelah pertemuannya dengan ketiga pemimpin tersebut, von der Leyen mentweet bahwa mereka telah melakukan "diskusi yang baik" dan "setuju untuk bekerja sama dengan erat". Rencana UE juga mengecewakan mereka yang berada di sisi lain perdebatan, aktivis hak-hak migran mengecam mereka karena mengalah pada xenofobia dan populisme. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home