Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 18:05 WIB | Senin, 13 Juni 2016

Belanja Kemenko Perekonomian di APBNP 2016 Hemat Rp 42,3 M

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution (Foto Dok Satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian melakukan penghematan anggaran pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) tahun 2016 sebesar Rp 42,3 miliar atau 15 persen.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan penghematan yang dilakukan pada program koordinasi bidang perekonomian sebesar Rp 40,9 miliar sedangkan penghematan pada program dukungan manajemen dan teknis lainnya Rp 1,4 miliar sehingga total penghematan anggaran Kemenko Perekonomian pada APBNP tahun 2016 sebesar Rp 42,3 miliar .

"Penghematan anggaran pada APBNP tahun 2016 ini dilakukan berdasarkan Intruksi Presiden (Inpres) No.4 tahun 2016 tentang  Langkah-Langkah Penghematan dan Pemotongan Belanja Kementerian/Lembaga dalam rangka Pelaksanaan APBNP tahun Anggaran 2016. Penghematan yang kami lakukan seperti honorarium, perjalanan dinas dalam negeri dan luar negeri, alat sewa perlengkapan kantor dan jasa konsultasi," kata dia saat rapat dengan Badan Anggaran DPR RI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan pada hari Selasa (13/6).

Dia pun mengatakan, setelah dilakukan pemotongan anggaran, besaran anggaran pada Kemenko Bidang Perekonomian) pada APBNP 2016 menjadi Rp 359,2 miliar.

"Untuk program koordinasi bidang perekonomian sebesar Rp 231,5 miliar dan pada program dukungan manajemen dan teknis lainnya sebesar Rp 127,6 miliar," kata dia.

Dia pun mengatakan, penyerapan anggaran setelah dilakukan pemotongan anggaran yang telah dilakukan serta program yang akan dijalan(kan) sampai akhir tahun sebesar 93 persen.

"Penyerapan 93 persen terjadi disebabkan ‎ada beberapa kebijakan baru yang belum termasuk di dalam RAPBNP," kata dia.

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home