Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 23:11 WIB | Kamis, 02 Juni 2016

RAPBNP 2016, Pemerintah Pangkas Belanja K/L Rp 40,6 Triliun

Menteri Keuangan, Bambang PS Brodjonegoro (Foto: Dok Satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Joko Widodo dan Jusuf Kalla menurunkan belanja Kementerian dan Lembaga Negara (K/L) sebesar Rp 40,6 triliun pada Rancangan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara Perubahaan (R APBN-P) Tahun 2016.

Menteri Keuangan, Bambang PS Brodjonegoro, mengatakan Belanja Kementerian dan Lembaga Negara pada APBN Tahun 2016 sebesar Rp 784,1 triliun sedangkan pada APBNP Tahun 2016 diusulkan sebesar Rp 743,5 triliun.

"Penurunan ini diakibatkan penghematan yang dilakukan kementerian dan lembaga serta adanya penyesuaian anggaran pendidikan dan kesehatan sebesar Rp 50 triliun," kata dia pada saat rapat dengan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia pada hari Kamis (2/6).

Dia pun mengatakan, pada APBNP Tahun 2016, pemerintah akan mengeluarkan kebijakan belanja dengan kembali melakukan penghematan dan efisiensi belanja Kementerian dan Lembaga.

"Kami juga akan mendorong pemanfaatan energi berkelanjutan dengan skema penetapan subsidi yang lebih tepat sasaran dan pengakolasian dana terkait cadangan energi," kata dia.

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home