Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 10:56 WIB | Kamis, 25 Juni 2015

Bendahara Negara AS Tolak Gambar Hamilton Diganti di Lembaran $ 10

Bendara di Amerika Serikat, Rosie Rios. (Foto: washingtonpost.com)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM – Bendahara Negara Amerika Serikat (AS), Rosie Rios, mengatakan, perlu mempertimbangkan kembali rencana Kementerian Keuangan AS mengganti sosok Alexander Hamilton pada lembaran $10.

Sebelumnya, Menteri Keuangan AS, Jack Lew mengumumkan akan menampilkan seorang perempuan pada lembaran $10 menggantikan Hamilton. Figur baru itu, seorang perempuan yang belum ditentukan namanya, pada $10 rencananya akan diresmikan pada 2020, saat ulang tahun ke-100 ratifikasi amandemen.

Dalam tulisan opini USA Today, Rios mengungkap kembali cerita terpilihnya Hamilton menjadi sosok dalam lembaran $10.

Pada 1928, Menteri Keuangan AS saat itu, Andrew Mellon, sengaja menempatkan Hamilton untuk merayakan tokoh visioner Amerika. Hamilton adalah seorang komandan militer saat revolusi, yakni masa-masa perbudakan yang terjadi sebelum Perang Sipil.

Hamilton, menurut catatan Rios, telah meletakkan dasar jangka panjang bagi kemakmuran Amerika dan meninggalkan tanda abadi sebagai tonggak sejarah bangsa Amerika. Hamilton merupakan sosok terbaik yang percaya bahwa Amerika harus menjadi negara demokrasi inklusif.

“Itu sebabnya kami akan memastikan wajah Hamilton tetap ada dalam lembaran $10,” ujar Rios.

“Mata uang kita selalu menampilkan sosok simbol dan pemimpin besar. Itu sudah lama dilakukan sebagai cara untuk menghormati masa lalu Amerika dan mengekspresikan nilai-nilai bangsa kita,” kata Rios menambahkan.

Baginya, figur pada lembaran $10 menyampaikan sesuatu yang kuat, baik di tanah air Amerika maupun di luar negeri.

“Ini sekaligus menyampaikan pesan bahwa bangsa kita adalah negara demokrasi inklusif, di mana kesempatan, keadilan, dan kesetaraan tidak terbatas dan tersedia bagi seluruh masyarakta,” ujar Rios menutup opininya.

Bendahara Negara Amerika Serikat (Treasurer of the United State) bertugas antara lain mengawasi peredaran dan percetakan surat berharga negara.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home