Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:16 WIB | Senin, 28 September 2015

Bentrok Israel -Palestina Kembali terjadi di Masjid Al-Aqsa

Seorang pengunjuk rasa Palestina melarikan diri selama bentrokan dengan pasukan Israel menyusul protes terhadap serangan polisi Israel di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem. (Foto: dari Al Arabiya / Reuters)

 YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM – Bentrokan baru pecah pada hari Senin (28/9) pagi antara polisi Israel dan Palestina di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem. Demikian dilaporkan kantor berita AFP.

Polisi dikerahkan ke kompleks Masjid Al-Aqsa setelah bentrokan pada hari sebelumnya. Al-Aqsa, adalah tempat suci ketiga dalam Islam. Lokasi itu telah berulang kali menjadi tempat bentrokan antara polisi Israel dan Palestina sejak mereka pertama kali bentrok awal bulan ini.

Ketegangan meningkat selama hari libur Yahudi, Yon Kipur, dan liburan Islam, Idul Adha.

Di bawah status quo, orang-orang Yahudi diizinkan untuk mengunjungi situs itu, tetapi tidak untuk berdoa di sana karena dikhawatirkan menimbulkan gesekan dengan jemaah Muslim.

Kunjungan oleh orang-orang Yahudi dihentikan pada hari Minggu (27/9) dan ada pembatasan usia bagi pria Muslim yang memasuki kompleks itu, terkait hari raya Idul Adha. Namun larangan itu kembali  diberlakukan pada hari perayaan Sukkot Yahudi. Umat Muslim khawatir dengan peningkatan kunjungan Yahudi ,dan aturan yang berubah.

Sementara itu, para pemimpin negara-negara  Arab bersumpah untuk "menghadapi agresi Israel" terhadap Al- Aqsa, seperti ditegaskan Menteri Luar Negeri  Arab Saudi, Adel Al-Jubeir, pada 15 September. Dia mengatakan akan meng gerakan "pada semua tingkatan untuk menghadapi setiap tindakan agresi yang dilakukan oleh Israel atau pemukim Israel terhadap Masjid Al-Aqsa."


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home