Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 19:07 WIB | Senin, 09 November 2015

Bentrok Sesama Kelompok Taliban Tewaskan 50 Orang di Afganistan

Analis telah lama menyebutkan adanya perpecahan di dalam Taliban, tetapi ini adalah pertama kalinya persaingan meledak ke permukaan (AP Photo/Massoud Hossaini)

TALIBAN, SATUHARAPAN.COM – Bentrokan antara dua kelompok Taliban di Afganistan Selatan telah mengakibatkan kematian sedikitnya 50 pejuang dari kedua belah pihak, kata seorang kepala polisi kepada Al Jazeera.

Pada hari Minggu (8/11), Mirwais Noorzai, kepala kepolisian itu, mengatakan kelompok pejuang yang dipimpin oleh pemimpin yang baru diangkat oleh Mullah Mohammad Rasul bentrok dengan orang-orang yang setia kepada pemimpin Taliban Mullah Akhtar Mansoor di provinsi Zabul.

"Warga sipil telah meninggalkan daerah tersebut karena bentrokan berat antara kedua kelompok. Pertarungan berlangsung di distrik Arghandab provinsi Zabul. Sebagian besar daerah ini di bawah kendali Taliban. Sekarang kami telah meminta bantuan militer untuk waktu yang lama,” katanya.

Anwar Ishaqzai, Gubernur Provinsi Zabul Selatan, mengatakan bahwa sempalan kelompok Taliban, yang dikenal sebagai Dewan Tinggi Afghanistan Emirat Islam,  telah bergabung dengan pejuang dari kelompok Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS.

"Faksi Taliban Mullah di bawah Rasool didukung oleh pejuang ISIS dan Uzbek dalam berjuang. Sekitar 40 Taliban dari kelompok Rasool dan 10 dari Mansoor ini telah tewas dalam pertarungan," katanya. (aljazeera.com)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home