Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 07:09 WIB | Minggu, 27 September 2015

Laporan PBB: ISIS Tantang Taliban di Afganistan

Ilustrasi militan Taliban. (Foto: dok. satuharapan.com)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Kelompok ISIS makin kuat di Afganistan, menambah jumlah simpatisan dan merekrut pengikut baru di 25 dari 34 provinsi di Afganistan, menurut laporan PBB, Jumat (25/9).

ISIS, yang menguasai sejumlah besar wilayah di Suriah dan Irak, mencoba mendirikan kekuasaan di Afganistan, menantang Taliban di kandang mereka sendiri.

Pasukan keamanan Afganistan mengatakan kepada pengawas sanksi PBB bahwa sekitar 10 persen pemberontak di Taliban adalah simpatisan ISIS, berdasarkan laporan tim pengawas Al Qaeda dari PBB.

“Jumlah kelompok dan individu yang secara terbuka menyatakan kesetiaan atau menjadi simpatisan ISIL (ISIS) terus bertambah di sejumlah provinsi di Afganistan,” kata laporan tersebut.

Sumber pemerintah Afganistan mengatakan “kemunculan kelompok dengan identitas ISIL” atau simpatisan dilaporkan di 25 provinsi di Afganistan, ia menambahkan.

Kelompok-kelompok yang didukung ISIS “sering bentrok” dengan pasukan militer Afganistan, namun pertikaian dengan sesama pemberontak jarang terjadi, kecuali di provinsi Nangarhar, tempat mereka memerangi Taliban untuk menguasai peredaran narkoba. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home