Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 11:52 WIB | Kamis, 15 September 2022

Berapa Banyak Yang Harus Mati? Paus Kecam Perang Rusia, Serukan Perdamaian

Kazakhstan gelar kongres antar agama ke-7 yang dihadiri tokoh berbagai agama.
Berapa Banyak Yang Harus Mati? Paus Kecam Perang Rusia, Serukan Perdamaian
Paus Fransiskus, kanan, dan Patriark Metropolitan Anthony, yang bertanggung jawab atas hubungan luar negeri untuk Gereja Ortodoks Rusia, kiri, mendengarkan Kepala Rabi Israel, Sephardi, Yitzhak Yosef berbicara di Kongres Pemimpin Dunia dan Agama Tradisional ke-7, di Nur-Sultan , Kazakhstan, Rabu, 14 September 2022. (Foto: AP/Alexander Zemlanichenko)
Berapa Banyak Yang Harus Mati? Paus Kecam Perang Rusia, Serukan Perdamaian
Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev, tengah, dan Paus Francis, keenam dari kiri, dan para pemimpin agama lainnya menghadiri Kongres Pemimpin Dunia dan Agama Tradisional ke-7, di Nur-Sultan, Kazakhstan, Rabu, 14 September 2022. Paus (Foto : AP/Alexander Zemlanichenko

NUR-SULTAN, SATUHARAPAN.COM-Paus Fransiskus mengatakan kepada hierarki Ortodoks Rusia dan para pemimpin agama lainnya pada hari Rabu (14/9) bahwa agama tidak boleh digunakan untuk membenarkan “kejahatan” perang, dan bertanya pada Misa di luar ruangan di Kazakhstan, “Berapa banyak kematian yang akan terjadi? dibutuhkan?” untuk perdamaian untuk menang di Ukraina.

Fransiskus yang semakin lemah mengajukan permohonan selama hari penuh pertamanya di bekas republic Uni Soviet, Kazakhstan, di mana ia membuka konferensi antar agama global dan melayani komunitas Katolik kecil di negara mayoritas Muslim.

Dalam audiensi konferensi para imam, patriark, rabi dan mufti adalah Patriark Metropolitan Anthony, yang bertanggung jawab atas hubungan luar negeri untuk Gereja Ortodoks Rusia, yang dengan tegas mendukung invasi Rusia ke Ukraina. Atasannya, Patriarch Kirill, seharusnya berpartisipasi dalam kongres tetapi dibatalkan bulan lalu.

Kirill telah mendukung invasi Rusia atas dasar spiritual dan ideologis, menyebutnya sebagai pertempuran “metafisik” dengan Barat. Dia telah memberkati tentara Rusia yang berperang dan memunculkan gagasan bahwa Rusia dan Ukraina adalah satu.

Fransiskus tidak menyebut Rusia atau Ukraina dalam sambutannya di konferensi Kazakhstan. Tetapi dia bersikeras bahwa para pemimpin agama sendiri harus memimpin dalam mempromosikan budaya perdamaian, karena akan munafik untuk mengharapkan bahwa orang-orang yang tidak percaya akan mempromosikan perdamaian jika para pemimpin agama tidak.

 “Jika sang pencipta, yang kepadanya kita telah mengabdikan hidup kita, adalah pencipta kehidupan manusia, bagaimana mungkin kita yang menyebut diri kita orang percaya menyetujui penghancuran kehidupan itu?” Dia bertanya. “Mengingat kesalahan dan kesalahan masa lalu, mari kita satukan upaya kita untuk memastikan bahwa Yang Mahakuasa tidak akan pernah lagi disandera oleh kehausan manusia akan kekuasaan.”

Fransiskus kemudian memberikan tantangan kepada semua orang di ruangan itu untuk berkomitmen menyelesaikan perselisihan melalui dialog dan negosiasi, bukan dengan senjata.

“Semoga kita tidak pernah membenarkan kekerasan. Semoga kita tidak pernah membiarkan yang sakral dieksploitasi oleh yang profan. Yang suci tidak boleh menjadi penyangga kekuatan, atau kekuasaan tidak boleh menjadi penyangga yang suci!”

Dia membuat seruan lebih eksplisit dalam Misa sore di luar ruangan untuk komunitas Katolik kecil Kazakhstan, di mana dia meminta doa untuk "Ukraina tercinta."

“Berapa banyak kematian yang masih diperlukan sebelum konflik menghasilkan dialog untuk kebaikan orang, bangsa, dan seluruh umat manusia?” Dia bertanya. “Satu-satunya solusi adalah perdamaian dan satu-satunya cara untuk mencapai perdamaian adalah melalui dialog.”

Pernyataan Patriark Ortodoks Rusia

Patriark Kirill mengirim pesan ke kongres yang dibacakan oleh Anthony. Di dalamnya, patriark Rusia tidak merujuk pada perang tetapi secara umum masalah selama dua dekade terakhir yang disebabkan oleh “upaya membangun dunia tanpa mengandalkan nilai-nilai moral.”

Patriark Rusia telah mengecam mentalitas sekuler Barat dan mengklaim benih-benih konflik Ukraina ditaburkan oleh ancaman asing ke perbatasan Rusia. Dia menggambarkan konflik tersebut sebagai perjuangan melawan pembentukan liberal asing yang konon menuntut negara-negara mengadakan "parade gay" sebagai harga tiket masuk ke dunia konsumsi dan kebebasan berlebih.

“Upaya-upaya ini tidak hanya menyebabkan hilangnya konsep keadilan dalam hubungan internasional, tetapi juga konfrontasi brutal, konflik militer, penyebaran terorisme dan ekstremisme di berbagai belahan dunia,” kata Kirill dalam pesannya.

Menyebutkan dia merasa Rusia adalah korban dari kampanye kotor, dia mengecam penyebaran informasi yang salah dan “distorsi fakta sejarah” dan “manipulasi kesadaran massa” untuk menyebarkan pesan “kebencian terhadap seluruh masyarakat, budaya dan agama.”

Imam Besar Al-Azhar

Selain delegasi Gereja Ortodoks Rusia, para pemimpin agama termasuk Sheikh Ahmed al-Tayeb, imam besar Al-Azhar, Mesir, pusat pembelajaran Sunni di Kairo, yang dengan hangat menyambut Fransiskus dengan ciuman di pipi ketika paus tiba di sebuah kursi roda.

Al-Tayeb menggunakan pidatonya di konferensi untuk mengeluh bahwa agama tradisional telah digantikan oleh budaya nafsu dan pernikahan gay. “Ini tidak dapat diterima, bahkan untuk binatang, apalagi untuk orang-orang dengan hati yang murni dan pikiran yang sehat,” katanya.

Pendeta Jo Bailey Wells, uskup Anglikan dari Dorking dan satu dari hanya setengah lusin perempuan yang memimpin delegasi, menyesalkan bahwa perempuan mewakili setengah populasi dunia tetapi hampir tidak terwakili dalam kepemimpinan agama.

“Harapan saya ini akan menjadi tantangan bagi mereka yang hadir untuk memberdayakan perempuan dalam konteks keluarga dan masyarakat publik,” katanya kepada wartawan.

Sebelum Kirill, ada spekulasi bahwa Fransiskus bisa bertemu dengan Kirill di sela-sela kongres. Keduanya bertemu untuk pertama kalinya pada tahun 2016 di Kuba, pertemuan pertama paus dan patriark Rusia, dan berbicara melalui konferensi video di minggu-minggu awal perang.

Fransiskus sesudah itu secara publik mengkritik pembenaran Kirill atas invasi Rusia dan memperingatkan bahwa dia tidak boleh menjadi “putra altar Putin.”

Berbicara kepada wartawan setelah dia bertemu dengan Fransiskus, Anthony mengatakan komentar "anak altar" Fransiskus tidak berjalan dengan baik di Moskow. “Itu tidak diharapkan dan jelas itu tidak berguna untuk persatuan umat Kristen,” katanya. “Itu adalah kejutan. Tapi kami tahu kami harus terus maju.”

Dia mengatakan pertemuan Kirill-Fransiskus masih mungkin, tetapi bersikeras itu harus dipersiapkan dengan baik sebelumnya dan harus menghasilkan pernyataan bersama yang konkret, seperti yang dikeluarkan setelah pertemuan Havana.

Selain pertemuan dengan Anthony, Fransiskus juga bertemu dengan al-Tayeb, kepala dewan agama Muslim Rusia, dan para pemimpin Ortodoks, Yahudi, Gereja Lutheran, dan Muslim lainnya.

Pengunjung lain di Kazakhstan pada hari Rabu tampaknya tidak ada dalam agenda Fransiskus. Presiden China, Xi Jinping, tiba di Nur-Sultan dalam kunjungan kenegaraan pertamanya di luar China sejak awal pandemi virus corona. Pejabat Vatikan dan Kazakhstan mengatakan mereka tidak berharap Xi akan bertemu dengan paus selama kunjungan singkatnya ke sekutu ekonomi dan politik utama di wilayah tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home