Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 16:24 WIB | Kamis, 30 April 2015

Berikut Rekayasa Lalu Lintas Transjakarta pada Hari Buruh

Ilustrasi. (Foto: Dok Satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Layanan bus Transjakarta akan mengikuti lajur secara situasional dalam menyambut perayaan Hari Buruh yang jatuh pada Jumat (1/5) esok karena Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dipastikan akan menggelar aksi turun ke jalan.

“Tahapan yang akan dilakukan yaitu perlambatan, pengalihan jalur, perpendekan rute hingga stop operasional mengikuti kondisi lajur layanan di masing-masing koridor”, ujar Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, A.N.S. Kosasih melalui rilis yang diterima satuharapan.com, Kamis (30/4).

Sesuai dengan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa koridor yang terkena dampak dari aksi longmarch para buruh, yaitu koridor 1 (Blok M-Kota), koridor 2 (Pulo Gadung-Harmoni), koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit), Layanan BKTB (PIK-Monas), Rute Ragunan-Monas dan Rute PGC-Grogol.

Berikut rekayasa yang akan dilakukan Transjakarta terhadap layanan yang bersinggungan dengan aksi May Day.

Layanan koridor 1 akan mengalami perlambatan yang dilakukan secara situasional oleh Polisi. Bila massa terus bertambah, dilakukan perpendekan layanan menjadi Kota-Harmoni dan layanan dari Blok M-Monas ditutup sementara mengikuti perkembangan lajur jalan. Selanjutnya, rute Ragunan-Monas menjadi Rute Ragunan-Dukuh Atas namun dilakukan secara situasional.

Layanan Koridor 2 (Pulo Gadung-Harmoni) secara situasional disesuaikan, dari Pulo Gadung-Harmoni layanan normal, dari Harmoni menuju Pulo Gadung dilakukan pengalihan dengan rute sebagai berikut dari Harmoni-kiri-Pecenongan-Juanda-Pasar Baru-Pejambon-Lapangan Banteng-Merdeka Timur-Patung Tani-masuk halte Kwitang dan seterusnya menuju Pulo Gadung. Pengalihan bersifat situasional mengikuti kondisi lalu lintas. Layanan BKTB hanya melayani dari PIK hingga Harmoni.

Kemudian, layanan koridor 9 mengalami pengalihan yaitu, dari Pinang Ranti menuju Pluit melalui GTO Cawang dan keluar di GTO Slipi. Untuk halte yang tidak dilayani yaitu halte Cikoko Stasiun Cawang, halte Tebet BPKM, halte Pancoran Tugu, halte Pancoran Barat, halte Tegal Parang, halte Kuningan Barat, Halte Gatsu Jamsostek, halte Gatsu LIPI, halte Semanggi, halte Senayan JCC dan halte Slipi Petamburan. Rute PGC-Grogol melalui GTO Cawang keluar di GTO Slipi.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home