Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 17:01 WIB | Jumat, 10 Juni 2016

Berlian Biru Asal Afrika Selatan Terjual 25,3 Juta Dolar

Foto: christies.com

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Berlian biru dari tambang di Afrika Selatan yang dikenal sebagai penyuplai Perhiasan Mahkota Inggris, hari Kamis (9/6), terjual di balai lelang Christie’s dengan harga 25,3 juta dolar Amerika (sekitar Rp 332,9 miliar) di New York. Nilai ini di bawah taksiran sebelumnya yang diperkirakan laku hingga 29 juta dolar.

Balai lelang Christie's mengatakan bahwa berlian itu adalah yang terbesar dari empat berlian biru yang dipotong dari batu berlian 122,52 karat yang ditemukan pada 2014 di tambang Cullinan di bagian timur laut Pretoria.

Penjualan pada Kamis dilakukan beberapa pekan setelah lelang berlian biru yang pernah dimiliki mendiang raja tambang Inggris Philip Oppenheimer, dijual dengan rekor harga 57,5 juta dolar Amerika (sekitar Rp 765,7 miliar) di Jenewa.

Tambang Cullinan adalah tempat ditemukannya berlian 3.106 karat pada 1905. Berlian itu diberikan kepada kerajaan Inggris pada masa Raja Edward VII dan dipotong, menghasilkan permata yang menjadi bagian dari perhiasan mahkota Inggris.

Berlian itu meliputi Cullinan I, berlian 539,20 karat yang merupakan berlian putih terbesar yang pernah ada dan menjadi bagian dari perhiasan mahkota yang disimpan di Menara London.

Sementara yang satu lagi adalah Cullinan II, yang disematkan di mahkota yang dikenakan monarki Inggris untuk membuka sidang parlemen. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home